Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasto: Pendukung Jokowi Pilih Gus Ipul-Puti, Pendukung Prabowo Pilih Khofifah-Emil

Kompas.com - 25/05/2018, 21:53 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Hasto Kristyanto, menyebut, sebagian besar pendukung dan pemilih pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno adalah pendukung Jokowi.

Sementara kebanyakan pendukung pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak adalah pendukung Prabowo Subianto.

Peta dukungan itu, kata Hasto, sebagaimana diungkap sejumlah survei yang belakangan dirilis, termasuk hasil survei lembaga Charta Politika.

"Jadi pendukung Jokowi di Jatim pilih Gus Ipul-Puti Soekarno, sementara pendukung Prabowo Subianto pilih Khofifah-Emil," kata Hasto saat menghadiri acara Konsolidasi Pemenangan Gus Ipul-Puti Soekarno di Surabaya, Jumat (25/5/2018) sore.

Sejak awal, kata dia, program yang diusung Gus Ipul-Puti Soekarno senafas dengan program-program Jokowi, begitu juga cara pandang dan ideologi politiknya.

Baca juga: Debat Pilkada Jatim; Proteksi untuk Petani, Bela UMKM hingga Diskusi soal Pak Kardiman

Karena itu, dia yakin, pasangan nomor urut 2 di Pilkada Jatim itu akan membawa kemenangan, karena berdasarkan fakta sejarah, perpaduan kelompok nasionalis dan Nahdlatul Ulama memiliki kekuatan politik yang luar biasa dalam mengusir penjajah di era kemerdekaan.

"Kekuatan itu saat ini ada di Gus Ipul-Puti Soekarno," jelasnya.

Di Pilkada Jatim, selain diusung PDI-P, pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno juga diusung PKB, PKS, dan Partai Gerindra.

Baca juga: Guntur Soekarno Turun Gunung untuk Menangkan Puti di Pilkada Jatim

Sementara pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak diusung Partai Demokrat, Golkar, Nasdem, Hanura, dan PPP.

Kompas TV Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Rabu (25/4) siang menghadiri pengajian Isra Mi'raj yang digelar oleh warga desa di Sidoarjo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com