Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Hilang, ABK yang Terjatuh dari Kapal Ditemukan Tewas di Sungai Kapuas

Kompas.com - 25/05/2018, 15:36 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Seorang pria, Hermansyah (36) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia mengambang di tepian Sungai Kapuas, Jalan Komyos Sudarso, Gang Kayu Manis II, Pontianak, Jumat (25/5/2018) sekitar pukul 06.30 WIB.

Penemuan mayat tersebut pun sempat menghebohkan masyarakat sekitar.

Kepala Polsek Pontianak Barat, Komisaris Polisi Bermawis mengungkapkan, jenazah korban ditemukan mengambang dan tersangkut di sela-sela kapal nelayan yang sedang tambat di pinggiran sungai.

Berdasarkan keterangan dari saksi, penemuan tersebut berawal ketika salah satu warga yang akan mencuci muka di sungai tersebut melihat bagian tangan korban timbul dan mengacung ke atas diantara kapal nelayan.

"Saksi kemudian mendekat dari jarak enam meter dan melihat dengan jelas sosok mayat pria tersebut," ujar Bermawis, Jumat (25/5/2018) siang.

Baca juga: Pesta Sabu, Dokter dan Perawat Menangis Saat Digiring ke Tahanan

Lantaran takut melihat sosok mayat, ungkap Bermawis, warga tersebut kemudian bergegas kerumahnya dan memberitahu kepada orangtuanya perihal temuan mayat tersebut.

Kehebohan pun sempat terjadi di lokasi sekitar penemuan mayat tersebut. Namun, tidak ada warga yang mengenali sosok korban.

"Warga kemudian melaporkan temuan tersebut kepada kepolisian," ujar Bermawis.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Hery Marantika mengungkapkan, korban yang ditemukan merupakan ABK kapal pengangkut hewan ternak KLM Keluarga Makmur yang dilaporkan hilang sejak hari Selasa (22/5/2018) sekitar pukul 21.30 WIB yang lalu.

Kapal KLM Keluarga Makmur Jaya tersebut berasal dari Bangkalan, Madura bermuatan hewan ternak berupa sapi dan kambing.

Baca juga: Viral, Video Polisi di Makassar Diduga Minta Uang Saat Tilang Pengendara

"Korban dilaporkan jatuh terpeleset dari atas kapal ke Sungai Kapuas ketika kapal mau sandar di dermaga karantina pada hari Senin (22/5/2018) malam sekitar jam 22.00 WIB," ujar Hery.

Korban yang jatuh tersebut juga dilaporkan oleh pihak Instalasi Karantina Hewan kepada Basarnas Pontianak dan pihak kepolisian.

Berdasarkan ciri-ciri korban baju kaos yang digunakan oleh korban, sama persis dengan yang dilaporkan oleh rekan korban yang melihat korban terpeleset dan jatuh ke sungai. Korban merupakan warga asal Bangkalan, Madura.

Kompas TV Seorang warga Banyumas nekat bunuh diri dengan cara terjun ke sungai sedalam sepuluh meter. Hingga kini pencarian masih dilakukan tim SAR gabungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com