Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi 8 Juni 2018, Tiket Bandara Kertajati-Juanda Habis Terpesan

Kompas.com - 25/05/2018, 09:10 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) resmi beroperasi untuk penerbangan komersial 8 Juni 2018.

Pria yang kerap dipanggil Aher ini mengungkapkan, walaupun bandara belum dibuka resmi, tiket penerbangan dari Bandara Kertajati ke Juanda Surabaya untuk 8 Juni habis dipesan atau fullbooked.

"Maskapai yang pertama kali akan mengudara tanggal 8 Juni adalah Citilink dan saya lihat di internet penjualan tiketnya sudah habis dipesan untuk ke Surabaya," ungkapnya, Jumat (25/5/2018)

Di samping itu maskapai lainnya saat ini juga tengah melakukan persiapan penerbangan di BIJB. Terlebih untuk pelayanan arus mudik tahun ini semua maskapai dipastikan siap melayani.

Baca juga: Penantian 15 Tahun Bandara Kertajati...

"Kalau mudik jelas akan bisa dipakai yang jelas untuk apapun bisa selama kategori commercial flight. Seharusnya besok juga sudah bisa dimulai tapi harus dengan persiapan maskapainya ya," kata Aher.

Aher pun memastikan, Bandara Kertajati akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban di Subang. Jarak dari BIJB ke Patimban sejauh 40 Km. Untuk aksesnya menggunakan jalan Tol Cipali.

"Dengan Patimban pasti harus terintegrasi ya lewat tol Cipali tentunya, nanti kan harus ada jalan tol baru ke Patimban dan akan dibangun," ujarnya.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menambahkan, pada musim mudik lebaran nanti, lima daerah dari dan ke Bandara Kertajati akan terlayani.

Kelima daerah tersebut yakni Surabaya, Medan, Bali, Balikpapan, dan Makasar.

"Setelah perjalanan panjang. Akhirnya bisa digunakan. Inilah Bandara Kertajati yang memiliki terminal seluas 96.000 meter persegi," ujar Virda.

Baca juga: Aerocity di Bandara Kertajati Akan Lebih Besar dari India

Hadirnya Bandara Kertajati menjadi sejarah baru dunia kebandarudaraan di Jabar.

Sebagai provinsi terbesar dengan jumlah penduduk sampai 47 juta, kebutuhan sarana transportasi udara sudah cukup mendesak.

Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, satu-satunya bandara representatif di Jawa Barat melayani penerbangan sudah sangat padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com