Usai Kunjungi Pasar Tradisional, Khofifah Sahur Bersama Pedagang - Kompas.com

Usai Kunjungi Pasar Tradisional, Khofifah Sahur Bersama Pedagang

Kompas.com - 25/05/2018, 06:11 WIB
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa saat memakan rawon untuk sahur di Warung Bu Dewi, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Jumat (25/5/2018).KOMPAS.com/Andi Hartik Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa saat memakan rawon untuk sahur di Warung Bu Dewi, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Jumat (25/5/2018).

MALANG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sahur bersama sejumlah pedagang pasar tumpah di Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Jumat (25/5/2018).

Khofifah bersama sejumlah pedagang menikmati menu rawon di Warung Bu Dewi. Kebetulan, di sekitar warung itu terdapat pasar tumpah yang hanya ada di pagi hari.

"Pagi ini kita memulai setengah dua (1.30 WIB) ke Pasar Induk Gadang. Kemudian kita sahur bareng lah ya. Kita makan rawon dan aneka menu lainnya. Kebersamaan pasti indah sekali. Kita bisa menikmati makan sahur," kata Khofifah.

"Rawonnya keren menurut saya," imbuhnya.

Baca juga: Khofifah Serang Pak Kardiman, Puti Sentil Emil tentang Nasib Nelayan Prigi

Bahkan, Khofifah menyempatkan diri untuk membungkus menu rawon itu.

"Soalnya saya pulang (hotel), kalau masih sempat jam makan sahur, mungkin saya mau nambah," katanya sembari tersenyum.

Bagi Khofifah, sahur bareng warga adalah upaya untuk mempererat tali silaturrahim. Selain itu, ajang itu bisa digunakan untuk mendengarkan masukan dari masyarakat.

"Mudah-mudahan ini menjadi penguatan sapaan kami kepada seluruh masyarakat Malang dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya," tuturnya. 

"Karena mas Emil (Emil Elestianto Dardak) juga melakukan sahur dan keliling di pasar - pasar tradisional yang buka di dini hari. Rata-rata adalah pasar induk," tambahnya.

Kunjungi Pasar

Sebelum memulai sahur bersama, Khofifah berkunjung ke Pasar Induk Gadang. Di sana, Khofifah melihat kondisi pasar yang menjadi pusat datangnya barang dagangan dari luar daerah.

Khofifah lantas menyoroti infrastruktur yang ada di pasar itu.

Menurutnya, hampir semua pasar tradisional membutuhkan pembangunan infrastruktur supaya tidak tertinggal dari pasar-pasar modern.

"Pasar tradisional harus berseiring dengan kemajuan pasar-pasar modern. Ketika kita berbicara perlindungan pasar tradisional yang kita lihat hampir semua pasar tradisional membutuhkan penyegeraan renovasi terutama infrastruktur di banyak lini," katanya.

Baca juga: Atasi Pengangguran Lulusan SMA-SMK, Khofifah Siapkan Dua Jurus Ini

"Artinya dari lantainya, kemudian dari lapaknya. Kemudian sistem yang ada di berbagai pasar tradisional, maka di Pasar Gadang tadi yang saya lihat kebutuhan yang sangat mendesak adalah infrastruktur pasar tradisional," tuturnya.

Selanjutnya, Khofifah berencana berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendang Biru untuk berdialog dengan warga dan pedagang.

Kompas TV Ini adalah ketiga kalinya Khofifah mengunjungi Kabupatan Lumajang, Jawa Timur, untuk mencari dukungan.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X