Ramadhan di Negeri Orang, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Asal Thailand

Kompas.com - 24/05/2018, 07:01 WIB
Mahasiswa asal Thailand aaat mengikuti kajian sebelum berbuka puasa di Masjid Sunan Ampel, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur, Rabu (23/5/2018) sore. KOMPAS.com/Ahmad WinarnoMahasiswa asal Thailand aaat mengikuti kajian sebelum berbuka puasa di Masjid Sunan Ampel, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur, Rabu (23/5/2018) sore.

JEMBER, KOMPAS.com - Menjalani ibadah puasa Ramadhan di negeri orang, tentu berbeda dengan di kampung halaman.

Selain perbedaan budaya, mereka harus terpisah dengan keluarganya.

Setidaknya, itulah yang dirasakan 50 lebih mahasiswa asal Thailand yang sedang kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur.

50 mahasiswa tersebut berasal dari empat provinsi di Thailand, yakni Songkhla, Pattani, Jala, dan Naratiwak.


Baca juga: Kerinduan Jemaah Ahmadiyah Ramadhan di Rumah Sendiri

Selain di IAIN Jember, mahasiswa asal Thailand juga berada di sejumlah perguruan tinggi, seperti Universitas Islam Jember (UIJ), Universitas Jember (Unej), dan Universitas Muhammadiyah Jember.

Nasron, salah satu mahasiswa asal Thailand menceritakan, ada banyak perbedaan antara suasana Ramadhan di negaranya dengan di Jember.

“Kalau beli makanan, di Thailand biasanya banyak pilihan yang dijual oleh satu pedagang, jadi tinggal milih begitu,” katanya, Rabu (23/5/2018) sore.

Selain itu, saat awal menjadi mahasiswa di IAIN Jember, lidahnya belum terbiasa dengan makanan di Indonesia.

“Rasanya tidak sama, awalnya sempat bagaimana begitu. Tapi ya harus menyesuaikan. Kangen juga dengan masakan Thailand, seperti Tomyam dan Patpet,” ungkapnya.

Selama Ramadhan, banyak aktivitas sosial yang dilakukan rekan- rekannya.

“Kami punya organisasi di sini. Biasanya selama Ramadhan, kami sering buka bersama, tadarus bersama, dan bakti sosial,” tambahnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X