Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Launcher Girder" Jembatan 2 Tol di Jombang Ambruk, Ini Dampak untuk Arus Mudik

Kompas.com - 23/05/2018, 09:00 WIB
Caroline Damanik

Editor

JOMBANG, KOMPAS.com - Ambruknya peluncur girder atau launcher girder dari jembatan yang direncanakan menghubungkan Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) dengan Tol Kertosono-Ngawi di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Senin (21/5/2018), dinilai akan berpengaruh terhadap arus mudik Lebaran.

Kejadian ini menyebabkan jembatan ini terancam tak bisa optimal digunakan pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Padahal, jembatan ini sebelumnya diharapkan bisa mengurangi kepadatan di Simpang Bangjuri (Jombang, Nganjuk, Kediri) di Mengkreng.

"Untuk mudik akan dipakai arus satu jalur. Jembatan terus dikebut pekerjaannya. Semoga saat arus mudik bisa dipakai satu lajur sehingga bisa mengurangi kemacetan di wilayah Jombang, Kediri, Nganjuk," ungkap Kapolres Jombang AKPB Fadli Widiyanto saat meninjau lokasi, Senin.

Baca juga: Launcher Girder Jembatan 2 Tol di Jombang Ambruk, Diduga karena Angin Kencang

Fadli mengatakan, ambruknya peluncur girder terjadi pada saat penataan alat bantu pemasangan girder tersebut sekitar pukul 10.00 WIB. Girder adalah sebuah balok di antara dua penyangga pada suatu jembatan atau flyover.

"Tadi alat ini (launcher/peluncur) dipasang untuk memindahkan girder. Saat di-setting, mendadak berguncang lalu rubuh. Harusnya hari ini girder bisa masuk. Tapi karena launcher rubuh, jadi tertunda," kata Fadli.

Ambruknya launcher ini masih dalam penyelidikan internal pihak kontraktor. Namun menurut Fadli, berdasarkan informasi yang didapat, robohnya launcher tersebut terjadi akibat kencangnya tiupan angin yang terjadi di atas jembatan sepanjang 50,81 meter tersebut.

"Jadi saat alat berdiri, belum ditata kemudian terguncang karena angin, lalu roboh ke kiri," imbuhnya.

Baca juga: Gubernur Pastika: Patung GWK Akan Jadi Kebanggaan Bali dan Indonesia

Dibutuhkan waktu tiga hari untuk menata ulang launcher, sebelum menaikkan girder ke atas tiang penyangga yang membentang di atas Sungai Besuk yang membelah Desa Bandarkedungmulyo dengan Gondangmanis di Kecamatan Bandarkedungmulyo itu.

Disinggung soal kemungkinan adanya kelalaian saat pemasangan launcher, Fadli menyatakan itu kewenangan internal kontraktor yang mengerjakan pembangunan proyek.

"Yang pasti tidak ada korban luka maupun jiwa manusia dan semoga tidak mengganggu target, jembatan bisa difungsikan saat musim mudik lebaran," tuturnya.


Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Peluncur Girder Ambruk, Jembatan Tol Jomo - Kertosono Ngawi Terancam Tak Beroperasi Saat Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com