Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Pasokan Selama Ramadhan, Pertamina Bentuk 2.426 Pangkalan Siaga "Gas Melon"

Kompas.com - 22/05/2018, 19:11 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Konsumsi tabung Elpiji bersubsidi 3 kilogram atau "Gas Melon" diprediksi naik saat Ramadhan. Di Jawa Timur (Jatim), Pertamina membentuk 2.426 pangkalan siaga untuk menjamin pasokan tabung melon sepanjang Ramadhan hingga musim Lebaran nanti.

"Selain membentuk 2.426 pangkalan siaga, kami juga menyebar 237 agen siaga di seluruh Jawa Timur," kata General Manager Pertamina Marketing Operation Region V, Ibnu Chouldum, di kantor Gubernur Jatim, Selasa (22/5/2018).

Konsumsi rata-rata gas melon per bulan saat hari biasa di Jawa Timur sebesar 94.679 Metric Ton (MT). Saat Ramadan dan Lebaran, diprediksi naik menjadi 101.307 MT atau naik 7 persen.

Pihaknya menjamin warga tidak akan mengalami kelangkaan gas melon, karena alokasi penyaluran di channel distribution ditambah sampai dengan 109 persen dari konsumsi normal.

Baca juga: Ramadhan, Harga Elpiji 3 Kg di Pasangkayu Tembus Rp 30.000

 

"Jadi tidak akan ada kelangkaan gas melon sepanjang Ramadhan dan Lebaran," jelasnya.

Penambahan pasokan tidak hanya pada gas melon, namun juga Elpiji nonsubsidi berupa Bright Gas 5,5 kilogram, Bright Gas 12 kilogram, dan Elpiji 12 kilogram.

"Kalau Elpiji nonsubsidi diprediksi naik 9 persen dari 4.593 MT saat kondisi normal, menjadi 5.006 saat Ramadhan dan Lebaran," tambahnya.

Kompas TV Tabung gas Elpiji 3 Kg naik harga menjadi 28.000 rupiah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com