Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Viral Letusan Gunung Merapi

Kompas.com - 22/05/2018, 11:13 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Video yang beredar di media sosial pada Selasa (22/5/2018) pagi dengan keterangan bahwa yang terekam adalah letusan Gunung Merapi dipastikan tidak benar atau hoaks.


Narasi yang berkembang

Salah satu video yang beredar di Twitter diposting oleh akun @Noknazz. "Ini hoax nggak ya? Kok banyak yang posting ke gini?" begitu @Noknazz melempar pertanyaan di Twitter sambil menyebut akun @merapi_news.

Video berdurasi 30 detik itu menggambarkan guguran lava disertai awan panas.

Video yang beredar pada Selasa (22/5/2018) pagi yang menyebutkan letusan Merapi dipastikan hoaks. Video itu adalah letusan Gunung Sinabung pada 2014.Twitter Video yang beredar pada Selasa (22/5/2018) pagi yang menyebutkan letusan Merapi dipastikan hoaks. Video itu adalah letusan Gunung Sinabung pada 2014.

Penelusuran Kompas.com:

Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun resmi Twitter-nya menegaskan, video tersebut bukan video letusan Gunung Merapi, melainkan letusan Gunung Sinabung pada tahun 2014.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melalui akun resmi Twitter-nya, @BPBDMagelang, mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoaks yang bisa menimbulkan keresahan.

Baca selengkapnya penelusuran Kompas.com:
Video Letusan Merapi yang Viral Selasa Pagi Hoaks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com