Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Airlangga Beri Bantuan Mesin Pembuat Roti Pondok Shabran UMS

Kompas.com - 21/05/2018, 19:45 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan bantuan berupa mesin pembuatan roti kepada Pondok Hajjah Nuriyah Shabran (Pondok Shabran) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Bantuan mesin pembuatan roti itu diserahkan secara simbolis oleh Menperin Airlangga kepada perwakilan Pondok Shabran dalam "Program Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren" di GOR UMS Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (21/5/2018) petang.

"Karena roti itu salah yang membuat enterpreneur berbasis pembuatan cake, kuliner di pesantren mahasiswa UMS, gitu," kata Airlangga, Senin.

Pada kesempatan itu, Airlangga juga menyinggung terkait revolusi industri 4.0 dihadapkan pada mahasiswa. Menurut Ketum Partai Golkar tersebut, revolusi industri 4.0 bukan sesuatu yang mengkhawatirkan, terutama terjadi destruksi.

Baca juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kurikulum SMK di Karawang Diubah

Tetapi, lanjut Airlangga, bahwa revolusi industri 4.0 bisa dimanfaatkan para santri dan mahasiswa yang ada di UMS sebagai alat untuk demokratisasi ekonomi.

"Artinya, kesempatan itu terbuka untuk siapapun yang mempunyai talenta untuk menjadi entrapreneur yang tangguh," cetus Airlangga.

Sementara itu, Rektor UMS Sofyan Anif menambahkan, pemberian bantuan mesin pembuatan roti bisa dimanfaatkan mahasiswa UMS di Pondok Shabran untuk kegiatan enterpreneur. Sebab, pondok bukan untuk pembelajaran agam, namun juga wirausaha.

"Bantuan dari Pak Menteri (Airlangga Hartarto) nantinya bisa memberdayakan ekonomi bagi mahasiswa," kata Sofyan.

Baca juga: 57 Persen Pekerjaan Sekarang akan Tergerus Revolusi Industri 4.0

Kompas TV Presiden Joko Widodo memperingatkan industri otomotif untuk terus memantau tren bisnis yang akan menyebabkan pergeseran selera konsumen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com