Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumringahnya Mbah Amini dapat Bantuan 10 Kg Beras dari Pemerintah

Kompas.com - 21/05/2018, 18:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Mbah Amini, nenek 26 cucu warga Desa Kembiritan Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, terlihat sumringah saat antre mendapatkan bantuan pangan nontunai berupa beras 10 kilogram (kg) dan telur setengah kg di balai desa Kembiritan, Senin (21/5/2018).

Nenek yang mengaku berusia 100 tahun ini mengaku sengaja datang lebih pagi agar todak perlu antre lama. Walaupun sudah datang pagi, dia mendapatkan nomor antrean di atas 200. 

"Tadi kesini naik becak bayar Rp 5.000. Senang dapat beras sama telur bisa buat "sangu" (bekal) puasa sebulan," kata Mbah Amini. 

Tentu saja Mbah Amini senang mendapatkan bantuan tersebut, sebab saat ini dia harus bekerja untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari semenjak ditinggal suainya yang meninggal 3 tahun lalu. 

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 1,7 Triliun untuk Bantuan Pangan Nontunai

Delapan anak Mbah Amini sudah menikah dan tinggal di rumah yang berbeda. 

"Setiap pagi sampai sore kerja bersihkan bawang merah. Istirahat pas waktu shalat. Seminggu kadang dapat Rp 70.000 - Rp 100.000. Dibuat cukup ya cukup. Ini kan sudah dapat tambahan beras," katanya sambil tersenyum.  

Mbah Amini adalah salah satu penerima bantuan pangan nontunai di Kabupaten Banyuwangi. Total ada 101.626 orang yang mendapatkan bantuan pangan non tunai. Mereka akan mendapatkan bantuan bahan makanan setiap bulan senilai Rp 110.000.

"Ini sebagai pengganti beras sejahtera yang sebelumnya namanya raskin atau beras miskin. Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten percontohan untuk bantuan ini," jelas Peni Handayani, Kepala Dinas Sosial kabupaten Banyuwangi, kepada Kompas.com Senin (21/5/2018).

Setiap peserta setiap bulannya akan mendapatkan beras 10 kg dan telur untuk menambah gizi. Namun, menurut Peni, para penerima bisa memilih jenis beras yaitu beras premium dan beras biasa.

Baca juga: BI Kediri Siapkan Rp 7,2 Triliun untuk Kebutuhan Tukar Uang Baru Selama Ramadhan

"Standardnya adalah beras premium 10 kilogram tapi jika penerima mau beras yang biasa ya disediakan. Banyaknya disesuaikan dengan nominalnya yaitu Rp 110.000. Tentu dapatnya lebih dari 10 kilogram. Termasuk telur mau telur ayam atau telur bebek," jelas Peni.

Di Banyuwangi, pendistribusian beras dan telur melalui BUMdes. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, penerima tidak perlu mengeluarkan uang untuk menebusnya seperti saat mendapatkan raskin.

"Kalau raskin kan harus ditebus Rp 1.600 per kg. Kalau ini sama sekali tidak. Setiap bulan mereka akan mendapatkan ini. Semuanya menggunakan dana dari APBN Kementerian Sosial," jelas Peni. 

Kompas TV Distribusi beras ini akan dilakukan mulai tanggal 25 Januari nanti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com