Kecelakaan di Bumiayu Brebes, Rem Diduga Blong, Sopir Truk Terluka Parah

Kompas.com - 21/05/2018, 08:40 WIB
Warga memperhatikan rumah yang tertabrak truk di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Truk pengangkut gula yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak enam rumah, satu kios buah, 19 sepeda motor, dua mobil sehingga mengakibatkan 11 orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/kye/18 ANTARA FOTO/Oky LukmansyahWarga memperhatikan rumah yang tertabrak truk di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018). Truk pengangkut gula yang diduga mengalami rem blong tersebut menabrak enam rumah, satu kios buah, 19 sepeda motor, dua mobil sehingga mengakibatkan 11 orang meninggal dan sejumlah warga luka-luka. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/kye/18

BREBES, KOMPAS.com — Sirine ambulans terdengar meraung-raung pada Minggu (20/5/2018). Beberapa ambulans tampak berseliweran di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pada Minggu sore sekitar pukul 16.30, kecelakaan maut terjadi di Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes. Satu unit truk gandeng menabrak beberapa bangunan rumah yang berada di pinggir jalan.

Tidak hanya itu, beberapa sepeda motor dan mobil pun ditabrak truk berwarna merah bermuatan gula pasir tersebut.

"Untuk sementara, korban meninggal berjumlah 11 orang. Mereka meninggal di lokasi," kata Kanit Laka Polres Brebes Iptu Budi Supartoyo di depan kamar jenazah RSUD Bumiayu.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Truk yang Menewaskan 11 Orang di Bumiayu Brebes

Selain korban meninggal, data sementara ada 10 korban luka, dari luka ringan hingga berat. "Kami belum bisa mengatakan yang berat berapa yang ringan berapa. Ini masih kami data," ujarnya.

Polisi juga masih mendata kerusakan atau kerugian material yang diakibatkan, seperti kerusakan kendaraan dan bangunan.

Analisis sementara Kepolisian, truk terlibat kecelakaan maut lantaran malfungsi rem atau rem blong.

"Kami menduga karena rem blong, kemudian menabrak kendaraan lain dan bangunan," ujar Budi.

Korban meninggal dibawa ke RSUD Bumiayu, sedangkan korban luka dibawa ke RS Alam Medica dan RS Siti Aminah Muhammadiyah Bumiayu.

Baca juga: Cerita Penjual Siomay yang Lolos dari Maut di Bumiayu Brebes, Truk Tabrak Gerobak, Rudi Pun Terpental

Adapun truk bernopol H 1996 CZ yang membawa muatan gula pasir dari Purwokerto menuju Jakarta itu menabrak beberapa bangunan rumah dan beberapa kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

"Saat melintas di flyover Kretek, kendaraan masih dalam kondisi normal. Tetapi, saat melintas di Desa Jatisawit atau dalam kota, truk diduga mengalami rem blong," papar Budi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X