Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kawin Sedarah, Rusa Bandung Zoo Ditukar dengan Rusa Solo Zoo

Kompas.com - 18/05/2018, 20:29 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Emon, salah satu rusa timorensis yang lahir di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo, Jumat (18/5/2018) sore tadi, ditangkap petugas penjaga kebun binatang di dalam kandangnya untuk kemudian dimasukan ke kotak transportasi.

Emon merupakan salah satu dari tiga rusa timorensis koleksi Bandung Zoo yang akan dikirim ke Kebun Binatang Solo atau Solo Zoo malam ini melalui darat dengan menggunakan truk.

Juru Bicara Bandung Zoo, Sulhan Syafi'i menjelaskan, ketiga rusa jantan koleksi Bandung Zoo hari ini akan diberangkatkan ke Solo Zoo.

Ini merupakan pertukaran yang biasa dilakukan setiap kebun binatang di Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI). Hal ini juga dilakukan untuk menghindari terjadinya inbreeding atau perkawinan sedarah.

"Ini dalam rangka barter satwa langka di Indonesia, jadi biar genetiknya bagus karena kita punya banyak timorensis, mereka juga punya banyak itu, lebih baik ditukar menukar," jelas Sulhan di Bandung Zoo, Jalan Taman Sari, Jumat (18/5/2018).

Adapun tiga ekor rusa timorensis jantan dari Bandung Zoo akan ditukarkan dengan satu rusa betina dan dua ekor rusa timorensis dari Solo Zoo.

"Dari sana, satu ekor rusa jantan dan dua ekor rusa betina timor, dari kita tiga ekor rusa timor jantan," terangnya.

Baca juga: Jembatan Penangkaran Rusa di Bogor Ambruk, 1 Orang Meninggal Dunia

Menurutnya, memang pertukaran ini biasa dilakukan antar-kebun binatang di Indonesia. Bahkan dua bulan lalu, Bandung Zoo mengirimkan burung Koak Biru ke Taman Safari Bogor. Burung itu ditukar dengan Jalak Putih.

Prosedur pertukaran

Prosedur pertukaran dua binatang ini cukup lama, karena harus melalui proses Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk proses pemeriksaan genetika hewan.

Sejumlah satwa ini sudah melalui proses kesepakatan dan tanda tangan setahun lalu. Namun proses pertukarannya dilakukan hari ini.

Selain ketiga rusa Timor, Bandung Zoo juga menghibahkan seekor beruang madu betina ke Solo Zoo.

"Prosedur penukaran sendiri seperti biasa, ada kesepakatan dan MoU, yang nanti dalam prosesnya dikirimkan dulu ke kementerian. Karena ini ada beruang dapat rekomendasi dari Kementerian, kita lakukan izin, angkut ke BKSDA, setelah itu tukar menukar. Simpel sebenarnya, hanya prosedurnya yang lama," jelasnya.

Pengiriman satwa

Ketiga satwa ini masing-masing dimasukkan ke boks transportasi dengan tinggi 120 cm dan lebar 57 cm yang sengaja disesuaikan dengan tubuh rusa tersebut, guna menghindari rusa terjatuh atau pusing saat dibawa menggunakan sebuah truk ke Solo.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com