Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Ibu-ibu Tua, Dua Pembobol ATM Dibekuk di Tempat Hiburan

Kompas.com - 18/05/2018, 13:39 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Jajaran Polsek Sagulung berhasil mengamankan dua pelaku ganjal ATM yang kerap beraksi di kawasan Batuaji dan Sagulung sekitar pukul 17.30 WIB, Minggu (13/5/2018).

Kedua tersangka, Ardison dan Dedi, sudah sangat meresahkan warga Batuaji dan Sagulung. Sebagian besar korbannya adalah ibu-ibu tua yang sama sekali sekali tidak begitu paham dengan kemajuan teknologi saat ini.

"Kedua pelaku kami amankan saat happy di salah satu hiburan malam yang ada kawasan Sagulung," kata Kapolsek Sagulung AKP Yuda Suryawardana di Mapolsek, Jumat (18/5/2018).

Menurut Yuda, kedua tersangka sudah lama menjadi target oeprasi Polsek Sagulung. Namun mereka kerap lolos saat akan disergap.

Baca juga: Polisi Minta Warga Waspadai Pembobolan ATM dengan Modus Ganjal ATM

Dalam aksinya, kedua tersangka kerap mencari ibu-ibu tua sebagai korbannya. Dengan modus berpuara-pura membantu dan begitu lengah pelaku langsung menggasak isi ATM korban.

"Sebelumnya lubang tempat masuk kartu ATM diganjal tersangka dengan tusuk gigi. Kemudian tersangka pindah ke ATM sebelah dan berpura-mengambil uang," kata Yuda.

"Selanjutnya begitu ada korban datang, tersangka kemudian mengintip kode pin yang dimasukan korban. Saat korban panik, tersangka lalu menawarkan bantuan dan begitu korbannya keluar ATM mencari pertolongan, saat itulah tersangka menjalankan aksinya dan menguras semua isi dalam ATM korban," kata Yuda menambahkan.

Dari kejadian ini, Yuda mengatakan, ada dua korban yang membuat laporan ke Polsek Sagulung. Dari laporan itulah, Polsek Sagulung berhasil menangkap kedua tersangka ini.

"Hasil pemeriksaan sementara ada ratusan juta uang korban yang diambil tersangka dari aksinya. Bahkan dari tangan keduanya, kami juga berhasil menyita ratusan ATM dari berbagai bank, bahkan hingga ATM bank internasional," jelas Yuda.

Ardison, salah satu tersangka kepada Kompas.com mengaku dirinya nekat melakukan hal ini karena tidak lagi ada pekerjaan.

"Saya sudah lama menganggur, makanya pas diajak kegiatan seperti ini saya mau saja," kata Ardison.

Baca juga: Begini Cara Keempat Pelaku Ganjal ATM Lancarkan Aksinya

Dalam aksinya, Ardison mengaku dirinya bertugas mengganjal ATM sementara yang mengintip pin ATM korban adalah rekanannya, yakni Dedi.

"Jadi yang menguras uang saya, sementara Dedi menemani korban untuk mencari pertolongan ke luar ruang ATM," ungkap Ardison.

Kompas TV Polisi Bekuk 2 Rampok Bermodus Ganjal ATM
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com