Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kongres Perempuan Dunia ke-28

Kompas.com - 17/05/2018, 15:57 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Indonesia bakal menjadi tuan rumah kongres atau sidang umum United Nations-International Council of Woman (ICW) ke-28 pada 6-12 September 2018.

Kongres akan diselenggarakan di Hotel INA Garuda Yogyakarta dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang tersebar di desa-desa sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Kongres akan diikuti 1.000 peserta dan sebanyak 300 orang diantaranya merupakan delegasi dari 70 negara anggota PBB," ujar Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo usai berkunjung ke Balkondes Ngadiharjo Borobudur, belum lama ini.

Giwo yang datang bersama Presiden ICW, Jung Sook Kim mengatakan, Indonesia telah bersiap untuk menyukseskan kegiatan tiga tahunan bertaraf internasional itu.

Baca juga: Ketika Risma Tiba-tiba Bersujud di Kaki Anggota Takmir Masjid

 

Pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti institusi pemerintah, swasta, dan organisasi internasional.

“Sejak ICW dibentuk pada tahun 1888, baru pertama kali ini Indonesia menjadi tuan rumah. Rencananya kegiatan akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo,” ucapnya.

Giwo menuturkan, Balkondes di Borobudur dipilih sebagai salah satu lokasi kegiatan, termasuk penginapan para peserta.

Ini dilakukan supaya peserta mengetahui, Balkondes adalah binaan BUMN yang melibatkan masyarakat desa dalam pengelolaannya.

Ia melihat ada poin penting yang bisa dipelajari konsep pengelolaan tersebut, yakni adanya keterlibatan perempuan dan anak dalam pengelolaan Balkondes.

Hal itu pula yang akan ditunjukkan kepada para peserta.

Baca juga: Perempuan Ini Menyesal karena Hidup hingga 128 Tahun

“Pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan potensi perempuan dan anak serta potensi lainya akan kita tunjukkan kepada mereka. Semoga bisa menjadi role model di Indonesia dan dunia,” tuturnya.

Presiden ICW Jung Sook Kim menambahkan, pemerintah Indonesia memiliki kemampuan memberdayakan masyarakat desa, terutama perempuan, dalam meningkatkan kualitas hidup.

“Upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, khususnya perempuan, melalui pembinaan ekonomi desa yang baik seperti Balkondes ini. Akan saya tunjukkan kepada dunia,” janjinya.

Indonesia, sambung dia, memiliki organisasi KOWANI yang merupakan organisasi perempuan tertua dan memiliki anggota terbanyak.

Organisasi ini memiliki kreativitas dan inovasi kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat yang sudah teruji dan berkualitas. 

Kompas TV Panitia Peluncuran ponsel Vivo-9 beserta ratusan pelajar dan karang taruna untuk membersihkan kompleks Candi Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com