Bus Terjungkal ke Sawah Setelah Tabrak Trotoar, Seorang Nenek Tewas - Kompas.com

Bus Terjungkal ke Sawah Setelah Tabrak Trotoar, Seorang Nenek Tewas

Kompas.com - 17/05/2018, 13:01 WIB
Bus dengan 20 penumpang terjungkal ke sawah setelah menabrak trotoar dan pohon pembatas jalan di Polewali Mandar, Rabu (16/5/2018). KOMPAS.com/JUNAEDI Bus dengan 20 penumpang terjungkal ke sawah setelah menabrak trotoar dan pohon pembatas jalan di Polewali Mandar, Rabu (16/5/2018).

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Sebuah mobil bus angkutan penumpang asal Palu, Sulawesi Tengah, tujuan Sidrap, Sulawesi Selatan,  mengalami kecelakaan tunggal di dusun Labasang, Kecamatan Matakali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (16/5/2018).

Bus berpenumpang 20 orang tersebut terjungkal ke dalam sawah setelah menabrak trotoar jalan dan pohon pelindung jalan. Satu penumpang dinyatakan meninggal dunia sedang lainnya mengalami luka-luka.

Bus PT Ratulangi dengan nomor Polisi DP 7501 CB diduga melaju kencang saat kejadian.
Supir bus nahas yang melaju dengan kecepatan tinggi ini diduga tidak bisa menguasai keadaan saat berbelok di sebuah tikungan di susun Labasang. 

Tikungan tersebut selama ini memang dikenal rawan kecelakaan. Setelah kehilangan kendali, bus menyeruduk trotoar pinggir jalan dan menabrak sejumlah pohon pelindung sebelum terjungkal ke dalam sawah.

Baca juga: Rem Blong, Bus Berisi 25 Siswa yang Hendak Berwisata Terguling

Kondisi bus nahas ini ini ringsek dibagian bemper depan hingga satu meter.

Penumpang yang meninggal dunia adalah seorang nenek berusia 61 tahun. Semua korban kecelakaan tunggal ini sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat. Beberapa korban telah dijemput dan memilih pulang ke kampung halaman mereka masing-masing.

Kasatlantas Polres Polewali Mandar AKP Suhartono menduga ada sejumlah faktor penyebab kecelakaan tunggal tersebut, selain bus yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Pertama, yakni kondisi jalan yang licin akibat diguyur curah hujan yang tinggi. Kedua, sopir diduga mengantuk setelah menempuh perjalan jauh sehingga kehilangan kontrol.

"Sopir bus telah diamankan sementara sejumlah saksi dan korban telah dimintai keterangan. Rencananya bus nahas ini akan dievakuasi pada Kamis,"  kata AKP Suhartono.

Baca juga: Bus Tabrak Tronton di KM 145 Tol Padaleunyi, Dosen ITB Tewas


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X