TNI AD Resmi Miliki 8 Helikopter Apache Buatan AS - Kompas.com

TNI AD Resmi Miliki 8 Helikopter Apache Buatan AS

Kompas.com - 16/05/2018, 22:40 WIB
Heli Apache AH 64EKOMPAS.com/NAZAR NURDIN Heli Apache AH 64E

SEMARANG, KOMPAS.com — Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat secara resmi menerima delapan helikopter Apache AH 64E buatan Amerika Serikat.

Heli tempur itu secara simbolis diserahkan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu kepada TNI yang diwakili Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/5/2018).

Kepada TNI, Menhan meminta agar pemeliharaan heli dapat terlaksana dengan baik. Dengan demikian, masa pakai heli yang dapat digunakan di semua keadaan cuaca itu dapat lebih optimal.

"Untuk TNI, pelajari penggunaannya agar tidak ada kekeliruan yang tidak perlu," ujarnya.

Helikopter Apache 64E dinilai heli yang mempunyai fitur yang canggih. Satu unit heli itu dibeli seharga 41 juta dollar AS atau sekitar Rp 576,2 miliar.

Keberadaan heli diharapkan dapat memperkuat wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama di wilayah darat.

"Apache AH 64E ini merupakan heli berteknologi paling canggih saat ini," ujar Ryamizard.

Baca juga: Maret 2018, TNI AD Akan Punya 8 Helikopter Tempur Apache Buatan AS

Tambahan heli itu nantinya akan diletakkan di Skuadron 11/Serbu Semarang Pusat Penerbangan Angkatan Darat.

Penyerahan helikopter Apache itu juga dihadiri Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Erin Mckee.

Mckee mengatakan, pembelian Apache adalah bagian dari kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia. Ia berharap, tambahan alutsista dapat mendukung stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga: Tiga Helikopter AH-64E Apache Milik TNI AD Tiba di Indonesia

Sebelumnya, pengumuman pembelian delapan helikopter Apache dilakukan pada 2012 oleh Menteri Luar Negeri AS saat itu, Hillary Clinton, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Washington pada 20 September 2012. Kontrak pengadaan mencapai 295,8 juta dollar AS.

Kompas TV Menteri Pertahanan dan Panglima TNI, Rabu (28/2) siang, menerima 24 pesawat F-16 dari Amerika Serikat di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.


Komentar

Close Ads X