Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Pati Kenang Ki Enthus Sebagai Sosok yang Baik dan Humoris

Kompas.com - 15/05/2018, 13:46 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PATI, KOMPAS.com - Bupati Pati, Jawa Tengah, Haryanto mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas ?berpulangnya Bupati Tegal non aktif, Enthus Soesmono.

Dalang kondang yang akrab disapa Ki Enthus itu menghembuskan nafas terakhirnya di RS Soeselo, Slawi, pada Senin (14/5/2018) malam sekitar 19.01 WIB. Ki Enthus dikabarkan tutup usia karena dugaan sakit jantung.

"Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kehilangan teman seperti kehilangan keluarga," kata Haryanto kepada Kompas.com, Selasa (15/5/2018).

Menurut Haryanto, Ki Enthus, ia kenang sebagai sosok yang berkepribadian baik serta humoris. Sikap dan perilaku merakyat itulah yang membuat Ki Enthus berkesan di memori Haryanto.

Baca juga: Bupati Nonaktif Tegal Ki Enthus Susmono Meninggal Dunia

"Beliau itu lucu, ceplas ceplos. Kalau bicara lugas nggak tedeng aling aling. Humoris," ungkap Haryanto.

Haryanto sendiri mengaku sudah mulai mengenal dekat dengan Ki Enthus sejak tahun 1995. Kecintaan Haryanto akan kebudayaan Jawa terutama wayang kulit lah yang kemudian mempertemukan keduanya.

Saat itu karena kepiawaiannya dalam mendalang, Ki Enthus sering diundang untuk mengisi acara hajatan ke Kabupaten Pati.

"Sering manggung acara di Pati, bahkan sebelum saya menjabat Bupati Pati. Waktu saya menjabat Camat Juwana, Pati, beliau juga pernah saya undang untuk mendalang karena saya penggemar beliau. Saya pecinta budaya terutama wayang kulit, karena filosofinya bisa dijadikan panutan," pungkas Haryanto.

Baca juga: Bupati Nonaktif Tegal Ki Enthus Meninggal karena Serangan Jantung

Kompas TV Ki Enthus rencananya maju untuk periode kedua, namun ternyata, ajal lebih dulu tiba. Ki Enthus meninggal dunia Senin (14/5) Pukul 19.10 WIB.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com