Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2025 Seluruh Tanah Indonesia Harus Sudah Bersertifikat

Kompas.com - 14/05/2018, 15:28 WIB
Rosyid A Azhar ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Sebanyak 1.650 sertifikat tanah diserahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil ke warga di Provinsi Gorontalo, Senin (14/5/2018).

Penyerahan ini merupakan tahap awal dari total sertifikat yang akan diserahkan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Gorontalo yang mencapai 20.265 buah.

Sofyan DJalil mengatakan, penyerahan sertifikat ini merupakan salah satu fokus kerja pemerintah Presiden Joko Widodo. Presiden telah menargetkan untuk menerbitkan 7 juta sertifikat pada tahun ini.

Baca juga: Jokowi Targetkan 7 Juta Sertifikat Dibagikan ke Masyarakat

“Presiden Jokowi memahami betapa sulitnya mendapatkan sertifikat selama ini. Mulai 2017 presiden memerintahkan mengeluarkan 5 juta sertifikat se-Indonesia. Alhamdulillah, kami telah menyerahkan sertifikat sebanyak 5,4 juta,” kata Sofyan Djalil.

Tahun depan pemerintah menargetkan 9 juta sertifikat harus bisa diserahkan ke masyarakat. Jika target itu bisa tercapai, maka tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar dan tersertifikat.

Sertifikat adalah bukti hak milik yang paling kuat. Jelas batasnya, jelas ukurannya dan jelas pemiliknya. Ia juga bisa menjadi jaminan hak tanggungan untuk kredit usaha,” jelas Sofyan Djalil.

Kompas TV Di tahun 2018, ada target 80 ribu sertifikat tanah diberikan pada warga Papua.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com