Antisipasi Teror, Anjing Pelacak Diturunkan di Markas Polda Sumsel

Kompas.com - 14/05/2018, 11:54 WIB
Anjing pelacak ikut melakukan pemeriksaan di Polda Sumsel pasca teror bom di Surabaya yang terjadi secara beruntun, Senin 914/5/2018) Kompas.com/ Aji YK PutraAnjing pelacak ikut melakukan pemeriksaan di Polda Sumsel pasca teror bom di Surabaya yang terjadi secara beruntun, Senin 914/5/2018)

PALEMBANG, KOMPAS.com - Markas Polda Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan pengamanan ekstra untuk mengantisipasi ancaman teror kepada Polisi, pasca kejadian teror bom yang terjadi di Surabaya sejak Minggu (13/5/2018). 

Pantauan di lapangan, anjing pelacak diturunkan polisi ditempatkan di pintu masuk. Anjing pelacak bertugas melakukan pemeriksaan secara detil kepada para tamu maupun warga yang datang ke Polda Sumsel.

Para petugas juga mengenakan rompi anti peluru serta bersenjata lengkap untuk melakukan pengamanan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pengamanan ekstra untuk seluruh kantor polisi di Sumsel sudah dilakukan sejak terjadinya aksi para napi teroris yang mengamuk di sel tahanan Mako Brimob pada Selasa (8/5/2018).

Baca juga: Pascateror Surabaya, Pengamanan Aktivitas Penerbangan Diperketat

"Sesuai instruksi dari Kapolri pada beberapa waktu lalu, markas polisi, tempat ibadah bahkan asrama-asrama pengamanannya ditingkatkan," kata Zulkarnain, Senin (14/5/2018).

Dia mengatakan, selain seluruh Polres dan Polsek yang ada di Sumsel, objek vital seperti mall dan Bandara juga harus meningkatkan keamanan.

"Polisi yang bertugas di lapangan harus saftey body. Seluruh tempat ibadah, diharapkan tingkatkan keamanan, seperti memasang CCTV," ujarnya.

Zulkarnain juga menyampaikan duka terkait kejadian yang menimpa Surabaya atas aksi tindakan bom bunuh diri yang dilakukan para teroris secara beruntun.

Baca juga: Teror Bom di Surabaya, Pengamanan Gereja di Sumsel Diperketat

"Kita tidak perlu takut terhadap aksi teror, kita harus berani dan tingkatkan kewaspadaan," kata dia.

Polresta Palembang

Polresta Palembang juga meningkatkan pengamanan ekstra pasca terjadinya ledakan bom. Seluruh petugas memeriksa seluruh pengunjung yang datang baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat. 

Kasat Shabara Polresta Palembang Kompol Kompol Dasril meminta kepada seluruh masyarakat yang datang untuk kooperatif ketika dilakukan pemeriksaan ketat oleh Polisi.

"Sesuai SOP pengamanan kita perketat. Mohon untuk masyarakat meluang waktu sedikit ketika masuk kesini. Memang sedikit terlambat, tapi harus kooperatif," ujar Dasril.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X