Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Pilkada Kedua, Hasanuddin Siap Beberkan Kerusakan Lingkungan di Jabar

Kompas.com - 14/05/2018, 00:12 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanudin atau yang akrab disapa Kang Hasan menyatakan akan membahas masalah kerusakan lingkungan dalam debat publik kedua Pilkada Jawa Barat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Senin (14/5/2018).

“Saya sangat siap. Besok yang akan dibicarakan adalah masalah lingkungan, pertambangan dan potensi ESDM di wilayah,” kata Hasan di Bandung, Minggu (13/5/2018).

Lebih lanjut Hasan menambahkan, dia akan menceritakan pengalamannya berkeliling ke daerah Jawa Barat, khususnya di wilayah pantai selatan yang ternyata sudah banyak mengalami kerusakan alam dan lingkungan.

“Saya datangi masyarakat dari ujung barat hingga ujung timur di wilayah selatan. Saya berbicara dengan masyarakat tentang bagaimana hancurnya sumber daya alam di wilayah selatan,” ungkapnya.

Dalam debat tersebut, Hasan akan mengungkapkan salah satu contoh kerusakan alam yang terjadi akibat pertambangan pasir besi di Tegal Buleud, Sukabumi.

Baca juga: Kepada Hasanudin, Petani Buah Manggis Purwakarta Mengeluh soal Ekspor

 

Menurut dia, satu sekolah dasar terpaksa menjadi korban lantaran salah satu perusahaan tambang pasir besi diberi izin pertambangan oleh pemerintah daerah.

“Perusahaan ini sudah dapat izin, tapi terbengkalailah di situ satu sekolah yang masuk dalam zona penggalian. Jondisinya sekarang tidak diurus oleh pemerintah, oleh perusahaan pertambangan juga tidak. Alasannya perusahaannya belum berjalan (beroperasi),” jelasnya.

Namun ternyata, pasir besi yang rencananya diambil oleh perusahaan pertambangan yang telah diberikan izin, justru malah dijual oleh pihak lain lewat jalur laut.

“Pasir besinya dijual tidak sesuai ketentuan. Pasir besi dibawa melalui laut. Protes masyarakat ratusan kali tidak didengar. Saya hanya menegaskan, negara melalui pemerintah daerah harus hadir di sana,” tuturnya.

Baca juga: Hasanudin Terusik dengan Isu Lingkungan di Jawa Barat

Hasan menambahkan, masih banyak kasus-kasus lainnya terkait kerusakan lingkungan di Jawa Barat khususnya di wilayah selatan.

“Solusinya nanti saja saya sampaikan di debat,” pungkasnya.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com