Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Banser dan Ansor Tak Akan Membiarkan Kami Sendirian dan Ketakutan..."

Kompas.com - 13/05/2018, 22:50 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir,
Amir Sodikin

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com — Waswas dan takut melanda sebagian umat yang hadir pada misa pagi di Gereja Kristus Raja Ungaran, Jalan Raya Diponegoro Nomor 101, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (13/5/2018).

Ibadah Minggu pagi memang berjalan khusuk sebagaimana biasanya. Namun, kabar tragedi bom Surabaya sudah menyebar ke sebagian jemaat. Mereka seolah tidak percaya bahwa tragedi itu benar-benar terjadi.

"Kebetulan tadi belum mendengar beritanya, ya tenang-tenang saja. Tapi kemudian sesudah misa, ada yang melaporkan peristiwa itu, ya kami terkejut. Awalnya masih belum percaya, mudah-mudaha ini kabar bohong saja dalam hati saya," kata Romo Nata Wardaya, Pastor Kepala Paroki Kristus Raja, kepada Kompas.com, Minggu siang.

"Tapi, setelah membaca berita, baru kami percaya dan kami prihatin," tandasnya.

Usai misa pagi, jemaat satu per satu pulang dengan membawa kegelisahanya masing-masing. Sebagian lagi masih bertahan di gereja untuk sekadar saling menguatkan dan mengabarkan perasaan iman mereka.

Baca juga: Terkait Bom Surabaya, GP Ansor Jateng Sebut Indonesia Sedang Berduka

Beberapa petugas polisi kemudian datang, baik yang berseragam maupun berpakaian preman. Suasana tak berubah hingga beberapa saat setelah azan zuhur berkumandang dari Masjid Istiqomah yang ada di seberang gereja.

Pendar wajah Romo Nata Wardaya kemudian berubah cerah tatkala anggota Banser tiba-tiba datang ke gereja. Ada di antara mereka adalah Ketua DPW GP Ansor Jawa Tengah Sholahudin Aly dan Pelaksana Tugas (Plt) GP Ansor Kabupaten Semarang Muhammad Fahmi.

(dari kiri) Ketua DPW GP Ansor Jawa Tengah Sholahudin Aly dan Pelaksana Tugas (Plt) GP Ansor Kabupaten Semarang Muhammad Fahmi ditemui Romo Nata Wardaya, Pastor Kepala Paroki Kristus Raja kepada (paling kanan) dan Ketua Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK-KAS) Romo Aloys Budi Purnomo Pr (dua dari kanan) saat mendatangi Gereja Kristus Raja Ungaran, Jalan Raya Diponegoro Nomor 101 Ungaran, Minggu (13/5/2018) pagi untuk memberikan dukungan moral pasca tragedi bom Surabaya.KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR (dari kiri) Ketua DPW GP Ansor Jawa Tengah Sholahudin Aly dan Pelaksana Tugas (Plt) GP Ansor Kabupaten Semarang Muhammad Fahmi ditemui Romo Nata Wardaya, Pastor Kepala Paroki Kristus Raja kepada (paling kanan) dan Ketua Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK-KAS) Romo Aloys Budi Purnomo Pr (dua dari kanan) saat mendatangi Gereja Kristus Raja Ungaran, Jalan Raya Diponegoro Nomor 101 Ungaran, Minggu (13/5/2018) pagi untuk memberikan dukungan moral pasca tragedi bom Surabaya.
Seperti bertemu saudara jauh, Romo Nata dan Romo Aloys Budi Purnomo Pr, Ketua Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK-KAS) dan beberapa jemaat menyambut mereka dengan hangat.

Tak hanya bersalaman, kedua Romo itu juga memberikan pelukan hangat kepada mereka satu per satu.

"Monggo, sugeng rawuh, selamat datang," kata Romo Nata.

Kemudian pertemuan lintas iman pun berlanjut dengan perbincangan-perbincangan serius seputar tragedi bom Surabaya.

Berkali-kali Ketua DPW GP Ansor Jawa Tengah Sholahudin Aly atau Gus Sholah menyampaikan kata-kata yang menguatkan saudara dari umat Nasrani ini.

Mendapat kunjungan dan ucapan empati dari Ansor dan Banser ini, Romo Nata mengaku, gereja merasa dikuatkan untuk bersama-sama melawan teror ini.

"Kawan-kawan Ansor dan Banser tidak membiarkan kami sendirian dan ketakutan dengan teror ini karena percaya ada teman-teman yang bisa bekerja sama dengan kami di dalam menghadapi situasi yang mencemaskan ini," ungkapnya.

Romo Nata mengatakan, sebagai sesama anak bangsa, umat Nasrani dan elemen masyarakat lainnya telah sepakat untuk menjaga NKRI dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika-nya. Dengan bahu-membahu, kita akan diteguhkan, dikuatkan untuk bersama-sama melawan ketakutan ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com