Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Ledakan Bom Surabaya dalam Peta

Kompas.com - 13/05/2018, 17:51 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
— Pengamat terorisme dari The Community Ideological Islamic Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya menduga kuat serangan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (13/5/2018) pagi, terorganisasi dengan baik.

"Aksi teror ini terlihat terorganisasi dengan baik, dilakukan dengan melibatkan kelompok atau banyak individu dan direncanakan sejak jauh hari," ujar Harits kepada Kompas.com, Minggu siang.

Baca juga: Pengamat: Bom Surabaya Terorganisasi dengan Baik

Meski demikian, kepolisian menyatakan, pelaku serangan terorisme ini hanya sel-sel kecil dan bukan organisasi besar.

Baca juga: Pelaku Bom Bunuh Diri di Surabaya Diduga Berasal dari Satu Keluarga

Berikut peta lokasi tiga gereja yang menjadi korban ledakan bom, dilihat dari jarak lokasi dan waktu yang beruntun di antara ketiga serangan.

Peta interaktif ini memuat peta dan keterangan. Untuk mendapatkan data utuh, peta dapat di-scroll ke atas dan bawah, selain bergeser (slide) ke kanan dan kiri.

Presiden Joko Widodo langsung terbang ke Surabaya. Dalam pernyataannya yang disiarkan langsung oleh Kompas TV, Presiden menyatakan serangan terorisme ini sebagai tindakan biadab yang tidak ada kaitannya dengan agama apa pun.

"Agama apa pun tidak ada yang membenarkan tindakan seperti ini," tegas Presiden dari Surabaya.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tindakan Teroris di Surabaya Biadab

Meski demikian, baik Presiden, kepolisian, maupun tokoh masyarakat meminta kejadian ini tak menjadikan bangsa Indonesia terjebak narasi tujuan para pelaku. Polisi juga meminta masyarakat tak menyebarluaskan gambar dan video dari lokasi kejadian, karena hal itu dapat memenuhi tujuan pelaku untuk menyebarkan teror.

Baca juga: Polri: Stop Sebar Gambar Lokasi Bom Surabaya! Jangan Terjebak Tujuan Pelaku Bom!

Pengamat terorisme dari The Community Ideological Islamic Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya menduga kuat serangan bom di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi, terorganisasi dengan baik. "Aksi teror ini terlihat terorganisasi dengan baik, dilakukan dengan melibatkan kelompok atau banyak individu dan direncanakan sejak jauh hari," ujar Harits kepada Kompas.com, Minggu siang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengamat: Bom Surabaya Terorganisasi dengan Baik", https://nasional.kompas.com/read/2018/05/13/15492801/pengamat-bom-surabaya-terorganisasi-dengan-baik.
Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com