Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituntut Minta Maaf oleh Kepala Desa, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Kompas.com - 12/05/2018, 18:31 WIB
Farida Farhan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim tidak pernah menyebut Hasanudin, pasien penderita gizi buruk yang dijenguknya merupakan warga Desa Cadasmekar, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Saya enggak nyebut warganya, sok tanyain. Saya cuman bilang di Purwakarta masih ditemukan warga yang gizinya buruk. Ini klarifikasi saya," ujar pria yang kerap disapa Emil ini di sela Posko Relawan Rindu di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Sabtu (12/5/2018).

Baca juga: Ridwan Kamil Jenguk Hasanudin, Remaja Penderita Gizi Buruk di Purwakarta

Emil mengaku tak menyebut nama desa. Dia mengaku hanya datang menjenguk anak bernama Hasanudin yang beratnya kurang dari 20 kilogram.

"Saya tidak menyebut nama desa, saya hanya datang melihat ada anak namanya Hasanudin,  warga Purwakarta gak tahu dari desa mana. Beratnya kurang dari 20 kilo, usianya 18 (tahun)," katanya.

Baca juga: Kondisi Sebenarnya Hasanudin yang Disebut Derita Busung Lapar dan Ditengok Ridwan Kamil

Dia juga meminta kepala desa untuk berhati-hati. Sebab, menurut Emil, cepat atau lambat kebohongan akan terungkap.

"Dan hati-hati, bilang kepada kepala desa, bila nanti saatnya tiba ada penyelidikan, kepala desanya berbohong bisa pidana hukum. Karena menyembunyikan data dan fakta," ujar Emil.

Sebelumnya, dua kepala desa di Purwakarta menuntut Ridwan Kamil minta maaf terkait pernyataan bahwa di desanya terdapat penderita gizi buruk setelah Wali Kota non-aktif Bandung itu mengunjungi Hasanudin, remaja 18 tahun yang beratnya kurang dari 20 kilo di desa tersebut.

Kepala desa tersebut membantah bahwa ada penderita busung lapar di wilayahnya.

 

Kompas TV Ridwan Kamil berkampanye mengajak warga untuk terus menggali dan mengangkat potensi wisata daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com