Angkat Disertasi soal Citarum, Aher Raih Predikat Cum Laude

Kompas.com - 09/05/2018, 19:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat sidang promosi doktor di Universitas Padjadjaran (Unpad), Rabu (9/5/2018). KOMPAS.com/Reni SusantiGubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat sidang promosi doktor di Universitas Padjadjaran (Unpad), Rabu (9/5/2018).
Penulis Reni Susanti
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyelesaikan studi doktoralnya di Bidang Studi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran ( Unpad).

Pria yang akrab disapa Aher ini mendapat gelar doktor dengan predikat cum laude setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum, Indonesia.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi dan strategi bersaing perusahaan di DAS Citarum terhadap nilai air Sungai Citarum dan implikasinya terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan di DAS Citarum," ujar Aher dalam sidang doktornya, Rabu (9/5/2018).

Hasil penelitiannya menunjukkan, kinerja keberlanjutan pada DAS Citarum hanya akan dicapai jika industri yang berada di sepanjang DAS Citarum menjaga nilai air.

Baca juga : Fadli Zon: Kami Dengar Sayup-sayup Aher Calon Kuat Pendamping Prabowo

Sedangkan nilai air akan terjaga dengan implementasi regulasi yang tegas. Adapun pelaku bisnis melakukan strategi bersaing yang menyeimbangkan faktor profit, planet, and people (triple bottom line).

Penelitian ini mengembangkan model kinerja keberlanjutan DAS Citarum yang berorientasi lingkungan untuk menjamin keberlanjutan ekosistem yang juga memiliki dampak jangka panjang terhadap bisnis itu sendiri.

"Model ini merupakan penemuan dan kebaruan penelitian ini," tuturnya.

Ketua Tim Penguji sekaligus Rektor Unpad, Tri Hanggono mengatakan, pemberian predikat cum laude karena Aher memiliki nilai akademik yang bagus.

Baca juga : Aher Sebut Jokowi Presiden Semua Partai Politik, Termasuk PKS

Begitupun dengan hasil ujian disertasi, memenuhi standar akademik cum laude.

Selain itu, bagi Tri, ada pertimbangan lain untuk mendapatkan cumlaude bagi pejabat publik seperti Aher. Yakni perannya di lembaga atau instansi yang dia pimpin.

"Secara kelembagaan pemerintahan, (Aher) sudah memberikan kekuatan besar dengan memberi andil lahirnya Perpres tentang Citarum," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X