Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Disertasi soal Citarum, Aher Raih Predikat Cum Laude

Kompas.com - 09/05/2018, 19:21 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyelesaikan studi doktoralnya di Bidang Studi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran (Unpad).

Pria yang akrab disapa Aher ini mendapat gelar doktor dengan predikat cum laude setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum, Indonesia.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi dan strategi bersaing perusahaan di DAS Citarum terhadap nilai air Sungai Citarum dan implikasinya terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan di DAS Citarum," ujar Aher dalam sidang doktornya, Rabu (9/5/2018).

Hasil penelitiannya menunjukkan, kinerja keberlanjutan pada DAS Citarum hanya akan dicapai jika industri yang berada di sepanjang DAS Citarum menjaga nilai air.

Baca juga : Fadli Zon: Kami Dengar Sayup-sayup Aher Calon Kuat Pendamping Prabowo

Sedangkan nilai air akan terjaga dengan implementasi regulasi yang tegas. Adapun pelaku bisnis melakukan strategi bersaing yang menyeimbangkan faktor profit, planet, and people (triple bottom line).

Penelitian ini mengembangkan model kinerja keberlanjutan DAS Citarum yang berorientasi lingkungan untuk menjamin keberlanjutan ekosistem yang juga memiliki dampak jangka panjang terhadap bisnis itu sendiri.

"Model ini merupakan penemuan dan kebaruan penelitian ini," tuturnya.

Ketua Tim Penguji sekaligus Rektor Unpad, Tri Hanggono mengatakan, pemberian predikat cum laude karena Aher memiliki nilai akademik yang bagus.

Baca juga : Aher Sebut Jokowi Presiden Semua Partai Politik, Termasuk PKS

Begitupun dengan hasil ujian disertasi, memenuhi standar akademik cum laude.

Selain itu, bagi Tri, ada pertimbangan lain untuk mendapatkan cumlaude bagi pejabat publik seperti Aher. Yakni perannya di lembaga atau instansi yang dia pimpin.

"Secara kelembagaan pemerintahan, (Aher) sudah memberikan kekuatan besar dengan memberi andil lahirnya Perpres tentang Citarum," tutupnya.

Kompas TV Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengunjungi Kantor Kelurahan Kalibaru, Bekasi, Jawa Barat, yang menjadi posko pengungsian warga korban banjir, Aher juga memberikan bantuan dengan membangun kolam retensi dan mengaktifkan mesin pompa air. Dalam tinjauannya, Gubernur Ahmad Heryawan Menjelaskan, Provinsi Jawa Barat bersama dengan pemerintah Kota Bekasi, bersinergi untuk melakukan antisipasi bencana banjir. Selama 4 hari, beberapa pemukiman dan jalan utama di Kota Bekasi dikepung banjir akibat derasnya hujan dan meluapnya aliran kali sungai bahkan, tanggul di Perumahan Harapan Baru 2 jebol akibat tidak kuat menahan debit air yang tinggi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com