Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Siap Beberkan 9 Item Dalam Debat Terbuka Nanti Malam

Kompas.com - 08/05/2018, 15:05 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Debat terbuka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 bakal kembali digelar, malam nanti (8/5/2018). Menyambut hajatan ini, Pasangan Calon (Paslon) nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa menyatakan sudah siap.

“Ada sembilan item, itu tema-tema dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) ya. Ada infrastruktur, ada kemaritiman, ada pertanian, hak kekayaan intelektual, ada rencana tata ruang wilayah, sembilan item kita sudah saling koordinasi internal dari tim, dan para expert yang selama ini support Paslon nomor urut satu,” ujar Khofifah saat berkunjung ke Gresik, Selasa (8/5/2018).

Lebih lanjut, Khofifah menyatakan tidak melakukan persiapan khusus dalam menyambut debat terbuka malam nanti. Justru ia lebih suka berkunjung ke basis calon pemilih, salah satunya pasar tradisional, guna serap aspirasi dan mendengar langsung keluhan dari masyarakat.

Baca juga : Atasi Pengangguran Lulusan SMA-SMK, Khofifah Siapkan Dua Jurus Ini

“Bukan karena hari ini mau debat, terus kemudian kita harus dikarantina, rasanya tidak harus begitu. Karena di lapangan akan menjadi bagian penting dari proses bottom up participation, maksud saya adalah adanya rekomendasi dari bawah (suara masyarakat kecil),” jelasnya.

Rekomendasi dari calon pemilih dirasakan Khofifah cukup penting, lantaran sebagai calon pemimpin baru ia membutuhkan apa yang kira-kira menjadi keluhan dan permasalahan, yang terjadi di lingkup masyarakat Jawa Timur saat ini.

“Saya tidak mengenal mereka, sementara mereka juga secara personal tidak mengenal saya. Tapi kemudian kita begitu cepat akrab, saling membangun komunikasi. Dan mereka kemudian memberikan rekomendasi,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Jawa Timur bakal kembali menggelar debat terbuka bagi calon kandidat dalam Pilkada Jatim 2018. Dengan agenda ini bakal dipandu oleh jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, berduet dengan presenter Metro TV, Aviani Malik.

Kompas TV Ini adalah ketiga kalinya Khofifah mengunjungi Kabupatan Lumajang, Jawa Timur, untuk mencari dukungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com