Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBMPTN Berbasis Android, Begini Caranya

Kompas.com - 08/05/2018, 10:01 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan ujian tulis berbasis android. Sebanyak 1.000 peserta mengikuti ujian tersebut yang terpusat di Universitas Padjadjaran.

Wakil Ketua Panitia Lokal 34 Bandung, Arry Bainus mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi segala potensi kecurangan. Secara teknis, peserta harus mengunduh aplikasi khusus SBMPTN.

"Sebelum pelaksaan memang panitia sudah minta setiap peserta untuk menginstal aplikasi khusus ini," kata Arry saat ditemui di Sekretariat SBMPTN 2018 Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung, Kampus ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Selasa (8/5/2018).

Sebelum mengisi soal, setiap peserta diwajibkan melepas kartu ponsel (sim card). Setelah itu, peserta akan terhubung menggunakan jaringan wifi terbatas.

"Jadi nanti mereka konek ke aplikasi itu menggunakan jaringan wifi terbatas. Jadi tidak bisa menerima apapun dari luar, termasuk juga semua aplikasi akan tertutup. Memang sistemnya dibuat seperti itu," jelas dia.

Baca juga : 56.000 Peserta Ikuti SBMPTN di Bandung

Dengan begitu, sambung Arry, peserta tak bisa mengakses aplikasi lain selain soal ujian yang telah diunduh. Soal ujian tiap peserta pun berbeda untuk mengantisipasi kecurangan.

"Pengawasan panitia juga tetap dilakukan seperti peserta ujian cetak atau komputer. Jadi kecurangan sangat kecil terjadi," ucap Arry.

Baca juga : Ada Ojek Gratis untuk Antar Peserta SBMPTN 2018

Kompas TV Simak dalam dialog Sapa Indonesia akhir pekan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com