Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Terbuka, Ganjar Melompat dari Panggung ke Kerumunan Massa

Kompas.com - 06/05/2018, 18:47 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah nonaktif, Ganjar Pranowo tiba-tiba melompat dari atas panggung, berpegangan pagar pemisah kemudian terjun ke tengah-tengah keramaian massa saat kampanye terbuka di Lapangan Kuripan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jateng, Minggu (6/5/2018) pagi.

Berada di kerumunan lebih dari 10.000 orang, Ganjar langsung jadi rebutan. Sorak sorai warga pecah menggema di lapangan. Mereka pun berebut bersalaman hingga mengajak swafoto dengan calon gubernur nomor urut satu itu. 

Suami Siti Atiqah itu nampaknya ingin melakukan sesuatu yang berbeda dalam kampanye terbukanya. Ganjar pun turun ke panggung, ia tak puas hanya dengan duduk di tribun kehormatan atau hanya berorasi saja. 

Pria berambut putih itu berbaur langsung dengan pendukungnya, berpanas-panasan dan berkeringat. Ganjar pun ikut bernyanyi dan berjoget menikmati hiburan lagu-lagu dangdut dari artis lokal.

Baca juga: Debat Kedua, Ganjar-Taj Yasin Pakai Kemeja Putih, Sudirman-Ida Kenakan Batik Cokelat

Setelah sekitar 15 menit berada di bawah, Ganjar yang mengenakan kaus hitam bergambar wajah dirinya dengan tulisan "Ganjar Return"  itu kemudian naik lagi ke panggung dengan dibantu warga.

"Saya spontan saja ingin turun dan berbaur, asyik ternyata. Terimakasih semuanya," katanya dengan suara serak setelah berteriak-teriak. 

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku tak menyangka massa yang hadir luar biasa banyak.

"Ternyata jalan sehat diganti senam gayeng dan ada panggung terbuka. Tentu ini bagian dari energi dan semangat untuk Ganjar Yasin dan saya salut dengan masyarakat Grobogan yang semangatnya luar biasa," katanya. 

Kampanye santun

Dalam orasi politik, Ganjar menyampaikan pesan-pesan kepada para pendukung supaya bisa berkampanye dengan santun. Ganjar melarang kepada para pendukung menyebarkan hoaks maupun fitnah menyerang paslon pesaingnya.

Ganjar pun berjanji, jika dirinya diamanahkan menjabat kembali di periode kedua, kerja sama yang erat dengan Pemkab Grobogan maupun Pemkab lain akan terus terjalin dengan baik.

"Kalau sepakat pembangunan di Grobogan dan daerah lain dipercepat maka Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi, juga pusat dengan Presidennya pak Jokowi harus sevisi, setuju ya," teriak Ganjar diamini sorak sorai para pendukungnya.

Sementara itu, Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyampaikan, selama dirinya menjabat sebagai Bupati, banyak program-program Pemkab Grobogan yang mendapat dukungan dari Ganjar Pranowo.

"Bantuan keuangan provinsi alhamdulillah bisa untuk membangun jalan sampai desa dan pelosok,"  katanya disambut tepuk tangan riuh warga. 

Dalam simulasi pencoblosan, Ganjar memanggil salah satu perwakilan dari warga. Ganjar memilih  pemilih pemula bernama Tyo, yang baru pertama menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni mendatang.

"Insya Alloh Pak Ganjar tetap memimpin Jateng. Selama ini terbukti kerjanya. Apalagi Pak Ganjar itu dekat dengan rakyat khususnya anak muda," kata remaja 18 tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com