Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Klaim Layanan E-KTP di Kaltara Tercepat

Kompas.com - 05/05/2018, 20:56 WIB
Sukoco,
Bayu Galih

Tim Redaksi

NUNUKAN, KOMPAS.com – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie memastikan bahwa layanan kependudukan dan mengurus e-KTP maksimal 24 jam telah diterapkan di provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut.

Irianto bahkan memastikan bahwa Kalimantan Utara merupakan provinsi yang tercepat dan terbaik dalam pelayanan kependudukan.

"Kami sudah sangat siap, makanya Kaltara dinilai provinsi terbaik, tercepat dalam penyelenggaraan e- KTP. Nanti cek ke Kemendagri," ujar Irianto, di sela Kemah Bela Negara Nasional ke-1 di Sebatik, Jumat (5/5/2018).

Irianto menambahkan, warga yang berada di pelosok terpencil dan wilayah perbatasan telah dilayani dengan cara jemput bola oleh dinas kependudukan masing-masing kabupaten/kota di Kalimantan Utara.

 

Baca juga: Di Bogor, Ngurus E-KTP Bisa Sehari Jadi, Asalkan...

Melalui layanan jemput bola, Kementrian Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan memberikan reward kepada Kaltara sebagai provinsi terbaik.

"Sistem kami jemput bola sampai ke pedalaman perbatasan. Dinas Catatn Sipil Kependudukan kami melakukan kegiatan langsung, mengambil foto untuk e-KTP di lokasi jauh, terpencil. Kami turunkan tim secara periodik," kata dia.

Selain itu, layanan kependudukan pun kini sudah ditunjang oleh layanan komunikasi baik di Kaltara.

Untuk mengatasi sulitnya jaringan internet di wilayah perbatasan menurut Irianto Lambrie telah dipasang menara telekomunikasi di sejumlah wilayah perbatasan.

Kompas TV Mendagri Pastikan E-KTP Berjalan & Aman
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com