Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Kereta Garuda Kencana, Raja Keraton Surakarta Sebar Koin ke Warga

Kompas.com - 05/05/2018, 17:47 WIB
Labib Zamani,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, SISKS Paku Buwono XIII, Hangabehi dan permaisurinya, KRAy Pradapaningsih mengikuti Kirab Agung di Solo, Sabtu (5/5/2018). Kirab itu dimulai pukul 15.30 WIB.

Kirab dibuka dengan aksi drum band Yonif 408/ Suhbrastha, drum band paskibraka Solo, drum band prajurit keraton dan iring-iringan kereta kuda.

PB XIII dan permaisuri berada diurutan tengah. Dua pucuk pimpinan Keraton Kasunanan Surakarta itu menaiki kereta Kiai Garuda Kencana yang merupakan peninggalan PB VII.

Kereta Kiai Garuda Kencana yang dinaiki PB XIII dan permaisuri dihiasi rangkaian bunga melati. Di sepanjang rute jalan, KRAy Pradapaningsih menyebar uang koin ke arah warga yang menyaksikan kirab.

Ada ribuan peserta yang mengikuti kirab itu.

Baca juga : Lestarikan Adat, Keraton Surakarta Gelar Wilujengan Nagari Mahesa Lawung

Putra dari mantan Presiden RI ke 2 Soeharto, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto juga terlihat dalam iring-iringan kirab tersebut.

Kirab agung mengambil rute Keraton Surakarta - Jalan Paku Buwono - Gapuro Gladak - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Mayor Kusmanto - Jalan Kapten Mulyadi - Jalan Veteran - Jalan Yos Sudarso - Jalan Slamet Riyadi - Keraton Surakata.

Selama berlangsungnya kirab agung kendaraan yang melintas dialihkan. Pengalihan arus lalu lintas (lalin) untuk memperlancar jalannya kirab.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Dipokusumo mengatakan, kirab agung merupakan rangkaian Tingalan Dalem Jumenengan ke 14 SISKS Paku Buwono XIII. Kirab diikuti sekitar 4.000 peserta terdiri dari sentana dalem, abdi dalem, dan tamu undangan.

"Kereta Kiai Garuda Kencana yang dinaiki Sinuhun PB XIII dan Kanjeng Ratu dibuat tahun 1836. Kereta itu merupakan peninggalan PB VII," kata Gusti Dipo di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/5/2018).

Kirab agung merupakan permintaan raja. Tidak setiap tahun kirab tersebut digelar oleh Keraton Surakarta.

Ada 14 kereta kencana yang dilibatkan dalam kirab agung.

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Imam Syafii mengatakan, ada 664 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan kirab agung Keraton Kasusnan Surakarta. Mereka tersebar di beberapa titik sepanjang rute yang dilalui kirab.

"Kita bagi di titik-titik yang dilalui kirab. Selain itu ada yang bertugas mengatur lalin supaya tidak terjadi penumpukan dan kemacetan kendaraan," kata Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com