Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tektonik Bermagnitudo 3,3 Guncang Gunung Salak Bogor

Kompas.com - 03/05/2018, 05:35 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,3 mengguncang wilayah Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/5/2018).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Tanggerang Selatan, Joko Siswanto mengatakan, peta tingkat guncangan (shakemap) menunjukkan gempa bumi berupa guncangan lemah terjadi di sekitar Gunung Salak, Bogor.

Hasil analisis menunjukkan, gempa terjadi di episenter 6,80 LS dan 106,68 BT, tepatnya berlokasi pada jarak 27 kilometer arah barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 14 kilometer.

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Gunung Salak dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut," kata Joko, dalam keterangannya.

(Baca juga : Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Pulau Morotai )

Dirinya melanjutkan, hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Ia mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi gempa agar tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal," sebutnya. 

Kompas TV Geladi dilakukan dalam rangka memperingati hari kesiapan bencana.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com