Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amien Rais: Mana Mungkin KPK Berani Usut Bank Century, BLBI

Kompas.com - 27/04/2018, 22:12 WIB
Wijaya Kusuma,
Reni Susanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, meminta agar penegak hukum, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersikap netral di Pilpres 2019. Jangan sampai KPK digunakan sebagai alat untuk menyodok lawan politik.

"Jangan sampai, misalnya loh ini, terutama di pusat, itu KPK dijadikan alat untuk menyodok lawan politik," ujar Amien Rais seusai pencocokan dan penelitian (coklit) calon pemilih, di kediamannya Pandeansari, Condong Catur, Caturtunggal, Depok, Sleman, Jumat (27/4/2018).

Amien Rais meminta, KPK bisa menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum dengan jujur. Jangan sampai, KPK mau diintervensi.

"KPK saya minta yang jujur, KPK menegakan hukum, jangan sampai diintervensi. Tebang pilih itu harus dijauhkan, kalau orang lain dikejar-kejar kalau konco dewe (teman sendiri) dilindungi, itu tidak boleh," ucapnya.

(Baca juga : Menteri Agama: Seharusnya Pak Amien Rais Menjelaskan, Apa yang Dimaksud Politik? )

Amien mengungkapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah diintervensi dan dijadikan alat.

"Menurut saya KPK sudah jadi alat," tegasnya.

Lebih lanjut Amien Rais menyebut KPK lembaga yang melakukan obstruction of justice. Sebagai lembaga penegak hukum, KPK menenggelamkan, menutupi, dan memendam hal-hal yang besar.

"Saya bukan ahli hukum, tetapi obstruction of justice itu artinya menenggelamkan, menutupi, memendam hal-hal yang besar jangan diangkat. Tetapi sebagai hiburan ada OTT, mana mungkin KPK berani (mengusut tuntas) Bank Century, ga berani, BLBI ga berani," tandasnya.

(Baca juga : Amien Rais Sebut PAN Dukung Prabowo, Ini Tanggapan Zulkifli Hasan )

Pemilu 2019, imbuhnya, akan berkualitas jika tidak ada politik uang. Selain itu tidak ada keterlibatan pihak asing di dalam pemilu.

"Saya lugas, jadi insya Allah kalau tidak ada politik uang, kemudian lembaga hukum tidak digunakan untuk politisasi dan terakhir tidak ada keterlibatan dari pengaruh asing, hasilnya akan yahud," pungkasnya. 

Kompas TV Amien membicarakan tentang pertemuan alumni 212 dengan presiden.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com