Cuaca Ekstrem Masih Bisa Terjadi pada Masa Pancaroba, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Kompas.com - 25/04/2018, 14:31 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKPHOTOS.com/ABykovIlustrasi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di wilayah DIY. Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan selama masa pancaroba ini.

"Ini masa pancaroba, mau masuk musim kemarau," ujar Forecaster Stasiun Klimatologi Mlati, BMKG DIY, Agus Triyanto, saat ditemui Kompas.com, Rabu (25/4/2018).

Pada masa pancaroba, awan yang terbentuk adalah awan seperti cumulonimbus. Awan tersebut berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem, salah satunya angin puting beliung.

Berdasarkan data awal musim hujan lebih banyak terjadi angin puting beliung. Namun, pada akhir musim hujan juga ada meskipun frekuensinya kecil.

Baca juga: BMKG: Angin Puting Beliung di Yogyakarta Terjadi karena Masuk Musim Pancaroba

"Iya masih ada potensi terjadi cuaca ekstrem selama masa pancaroba ini. Musim kemarau kan diprediksi bulan Mei, jadi pancaroba masih ada sekitar satu minggu," ungkapnya.

Agus meminta kepada masyarakat agar waspada selama masa pancaroba ini. Sebab, masih ada potensi terjadi cuaca ekstrem.

"Masyarakat tetap waspada selama masa pancaroba. Jika ada awan sangat gelap, harus menjauh atau menyelamatkan diri," pungkasnya.

Baca juga: Kecepatan Puting Beliung di Yogyakarta Diperkirakan 76 hingga 87 Km Per Jam

Kompas TV Puting beliung yang melanda sejumlah wilayah di Yogyakarta, mengundang kepanikan warga. sejumlah video amatir merekam detik-detik peristiwa itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X