Diduga Keracunan Makanan di Pesta Pernikahan, Puluhan Warga Kolaka Dilarikan ke Puskesmas

Kompas.com - 24/04/2018, 11:07 WIB
Inilah korban keracunan yang sementara dirawat.KOMPAS.com / SUPARMAN SULTAN Inilah korban keracunan yang sementara dirawat.


KOLAKA, KOMPAS.com - Sebanyak 47 warga Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, mengalami keracunan makanan dan dilarikan ke puskesmas terdekat.

Mereka diduga keracunan setelah menyantap hidangan di salah satu acara pesta pernikahan yang digelar di Desa Horongkuli, Kecamatan Toari.

Kepala Puskesmas Kecamatan Toari membenarkan kejadian tersebut, dan pihaknya sudah memberikan tindakan medis kepada mereka yang keracunan.

“Keluhannya rata-rata pusing, mual, dan muntah-muntah, sudah kami tangani," kata Firdaus, Selasa (24/4/2018).


Kata Firdaus, warga yang keracunan mulai berdatangan ke puskesmas sekitar pukul 10.00 Wita. Dari 47 korban, 10 di antaranya harus dirujuk ke Puskesmas Kecamatan Watubangga, sedangkan 37 lainnya masih dirawat di Kecamatan Toari.

Baca juga: Cerita Akad Nikah Tanpa Mempelai Wanita yang Keracunan Jamu

Sementara itu, Kapolsek Watubangga Iptu Muh Arman mengatakan, puluhan warga tersebut keracunan diduga seusai menyantap daging ayam. Pihaknya sudah mendatangi tempat pesta dan mengambil sampel makanan.

"Saat ini kami sudah mengambil langkah-langkah dengan mendatangi TKP dan mengambil sampel makanan,” terang Arman.

Hingga saat ini, beberapa warga sudah dipulangkan karena kondisinya sudah membaik, sedangkan warga lainnya masih mendapat perawatan.

Baca juga: Diduga Keracunan Jamu, 11 Ibu Menyusui Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas TV Dinkes Kabupaten Garut telah mengambil sampel makanan untuk diuji laboratorium.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X