Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama UNBK di Solo Sempat Diwarnai Gangguan Jaringan

Kompas.com - 24/04/2018, 10:49 WIB
Labib Zamani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ke beberapa SMP di Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/4/2018).

Sidak dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Surakarta, Asih Sunjoto Putro. Sidak diawali dari SMPN 15, 3, 5, dan 10.

Asih menjelaskan, pada pelaksanaan hari pertama UNBK, server sempat mengalami gangguan jaringan dari pusat.

Meski demikian, gangguan jaringan itu akhirnya bisa diatasi sehingga siswa dapat kembali mengerjakan UNBK.

"Kemarin (Senin) sempat ada gangguan jaringan, tapi sudah bisa diatasi kurang dari 30-an menitlah. Artinya, mundurnya tidak terlalu lama. Siswa bisa kembali mengerjakan ujian," kata Asih kepada Kompas.com seusai sidak di SMPN 10 Solo, Selasa.

Baca juga: Server Pusat Down, Waktu Pelaksanaan UNBK di Yogyakarta Mundur

Untuk hari kedua, lanjut Asih, pelaksanaan UNBK SMP di Solo tidak ada permasalahan. Baik dari segi peralatan ujian seperti komputer maupun listrik, semua tidak ada masalah. Bahkan, semua siswa mengikuti ujian dan tidak ada yang izin.

"Hari ini pelaksanaan UNBK SMP semuanya lancar. Enggak ada masalah, hanya ada yang daya listriknya turun, tapi sudah bisa diatasi," ucap dia.

Menurut Asih, dalam sidak itu masih ditemukan sekolah yang siswanya terlalu dekat jaraknya dengan siswa lain saat mengerjakan ujian.

Temuan itu nantinya akan dievaluasi agar pada pelaksanaan ujian tahun depat sudah tidak ada lagi siswa saling berdekatan jaraknya saat mengerjakan ujian.

"Ini sedang kami catat, misalnya ada ruangan yang siswanya masih terlalu dekat berdempetan satu meja untuk dua siswa. Beberapa catatan itu barangkali yang akan kami evaluasi," imbuhnya.

Sementara Kepala SMPN 10, Tarno, menambahkan, ada 216 siswa yang mengikuti pelaksanaan UNBK tahun 2018. Jumlah tersebut terbagi dua sesi, masing-masing sesi diikuti 108 siswa.

"Kami sediakan tiga laboratorium komputer selama pelaksanaan ujian, dan hari ini semuanya berjalan lancar," ungkap Tarno.

Baca juga: Gangguan Jaringan Internet, UNBK MTs di Pamekasan Tertunda Tiga Jam

Kompas TV Hari pertama pelaksanaan UNBK tingkat SMP mengalami gangguan teknis di beberapa daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com