Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumahnya Ambruk akibat Tergerus Arus Sungai, Nenek dan Cucu Berhasil Selamat

Kompas.com - 23/04/2018, 10:38 WIB
Junaedi,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


MAMUJU, KOMPAS.com — Sebuah rumah yang dihuni seorang nenek bersama cucunya terjungkal ke dalam sungai ketika keduanya tengah beristirahat saat hujan deras, di Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (23/4/2018) pagi.

Sang nenek bernama Kurnia itu dengan susah paya berjuang menyelamatkan diri dan menolong cucunya agar tidak terseret arus deras Sungai Korongana.

Rumah di bantaran sungai ini ambruk setelah tanggul atau tebing penahan arus tempat rumah panggung itu berdiri jebol akibat tergerus arus deras.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, rumah dan barang-barang milik korban, termasuk bahan pokok, hanyut terbawa arus sungai.

Nenek Kurnia bersama cucunya yang sedang beristirahat karena diguyur hujan deras sejak Sabtu lalu merasa panik lantaran ikut tercebur ke dalam sungai saat rumahnya terjungkal dan berteriak minta tolong kepada warga sekitar.

Beruntung, sang nenek dengan susah payah berhasil menyelamatkan diri sambil menolong cucunya dengan cara meraih dan menarik tangan sang cucu.

Untuk menghindari jatuh korban akibat tersengat arus listrik, petugas PLN langsung memutus jaringan kabel ke rumah korban.

Sejumlah warga yang datang menolong langsung mengikat rumah tersebut dengan tali di pohon agar tidak hanyut terseret arus sungai.

Baca juga: Jembatan Babat-Widang Ambruk, Badan Truk yang Terjun ke Sungai Dipotong-potong

Bantuan tetangga 

Sejumlah tetangga korban yang prihatin pun berusaha menyelamatkan harta benda dan puing bangunan yang masih bisa digunakan agar tidak hanyut terseret banjir.

Hasniati, tetangga korban, mengaku prihatin atas ambruknya rumah yang dihuni nenek Kurnia bersama cucunya itu.

“Kasihan cucunya sempat tercebur ke dalam sungai saat rumahnya terjungkal ke sungai. Untung masih bisa diselamatkan hingga tidak tenggelam atau terbawa arus,” ujar Husniati.

Adapun sejumlah tetangga korban yang rumahnya juga terancam ambruk karena tak jauh dari bantaran Sungai Korongana telah mengungsi sementara ke rumah yang aman.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun, barang-barang milik korban tidak ada yang bisa diselamatkan.

Kini korban dan cucunya terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya.

Baca juga: Bangunan Walet Roboh dan Timpa Sanggar Seni, 7 Orang Tewas

Kompas TV Akses jalan ke balai desa yang cukup terjal menyulitkan proses evakuasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com