Penyelamatan Harimau Bonita Tercatat Terpanjang Dalam Sejarah

Kompas.com - 21/04/2018, 19:06 WIB
Harimau Sumatera yang diberi nama Bonita tertangkap dalam kamera yang dipasang petugas BBKSDA Riau. Sudah 3 bulan berselang sejak menewaskan seorang warga, harimau ini belum juga tertangkap. handoutHarimau Sumatera yang diberi nama Bonita tertangkap dalam kamera yang dipasang petugas BBKSDA Riau. Sudah 3 bulan berselang sejak menewaskan seorang warga, harimau ini belum juga tertangkap.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Penyelamatan harimau sumatera, Bonita, yang menewaskan dua orang warga di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Indragiri Hilir, Riau memakan waktu lebih kurang 4 bulan lamanya.

Hal itu dilakukan untuk menangkap Bonita dalam keadaan selamat atau tanpa dilumpuhkan.

Direktur Jenderal Kementrian Sumber Daya Alam Ekosistem (Dirjen KSDAE), Wiratno mengaku upaya penyelamatan harimau sumatera tersebut merupakan terpanjang dalam sejarah.

"Penyelamatan terpanjang dalam sejarah observasi harimau sumatera," akui Wiratno saat menghadiri jumpa pers di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Pekanbaru, Sabtu (21/4/2018).

Dari kerja keras yang dilakukan, harimau sumatera ini akhirnya dapat diselamatkan dan dilakukan observasi. Jenis harimau sumatera ini sudah tergolong hewan langka.

Di kawasan Suaka Margasatwa Karumutan saja, hanya terdapat 400-500 ekor populasi harimau sumatera. Maka dari itu, Wiratno mengajak seluruh pihak agar dapat melindunginya harimau sumatera tersebut.

"Saya minta habitatnya di jaga. Aktifkan terus patroli di kawasan tersebut. Saya sudah buka layanan call center dengan nomor 0813 7474 2981, aktif 24 jam," terang Wiratno.

Dia mengaku, saat ini masih banyak pekerjaan rumah terkait konflik harimau dengan manusia. Sehingga harus dilakukan dilakukan pencegahan bersama.

Menurut Wiratno, apabila harimau memasuki permukiman warga, itu karena ada beberapa faktor penyebab.

"Pertama karena ingin mencari makan, kedua ada yang menggangu keluarganya, misalnya anaknya dibunuh," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wiratno mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam penyelamatan harimau sumatera di Riau.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X