Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Menang Pilkada Jabar, TB Hasanudin Janji Perjuangkan Hak Asasi Wanita

Kompas.com - 21/04/2018, 13:40 WIB
Putra Prima Perdana,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin berjanji memprioritaskan hak asasi wanita jika terpilih pada ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

Janji tersebut diucapkan pria yang akrab disapa Kang Hasan di hadapan ribuan perempuan dalam kegiatan peringatan hari Kartini di Balai Sartika, Kota Bandung, Sabtu (21/4/2018).

“Untuk perempuan, program unggulan saya kira basisnya tetap mengedepankan, mendahulukan, dan melindungi hak asasi wanita," kata Hasan, Sabtu pagi.

Baca juga: Untaian Sajak Memperingati Kartini Karya Menlu Retno Marsudi...

Ia menambahkan, setiap wanita di Jawa Barat harus mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria dalam sejumlah hal.

"Dalam konteks persamaan hak, itu yang diperjuangkan Ibu Kartini. Hak di sana ada hak mendapatkan pekerjaan, hak hidup layak, hak mendapatkan sekolah yang baik, hak mendapatkan berobat yang baik," ujarnya.

Hasan mengatakan, negara harus hadir memberikan hak-hak kepada kaum wanita.

Baca juga: Sri Mulyani: Pemikiran Kartini Sangat Relevan karena Gender Gap Masih Besar...

Oleh karena itu, Hasan mengatakan, program-programnya akan bersinergi dengan program pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Insya Allah beliau (Jokowi) akan maju untuk kedua kalinya, jadi nanti bisa sinergis. Presidennya Pak Jokowi, gubernurnya saya dan Pak Anton, sehingga program selaras sejalan," kata Hasan. 

Ditanya soal makna hari Kartini, Hasan mengatakan, sosok wanita yang sangat menginspirasinya adalah sang ibu. 

Baca juga: Sandiaga: Selamat Hari Kartini buat Seluruh Perempuan Hebat

"Bagi saya, jelas memiliki orang yang saya cintai, seorang kartini di era sekarang. Saya menghormati seorang wanita, seorang perempuan yang paling mencintai saya, itulah ibu," ujarnya. 

Kompas TV Perjuangan Kartini, untuk mencerdaskan kaum perempuan, menyetarakan kaum perempuan, agar dapat menikmati hak yang sama, bekerja, serta meraih cita-cita.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com