Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Operasional LRT Palembang Dipercepat Satu Bulan

Kompas.com - 20/04/2018, 19:43 WIB
Aji YK Putra,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, progres penyelesaian kereta light rail transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, akan dipercepat satu bulan dari perencanaan sebelumnya.

Rencana percepatan penyelesaian itu dilakukan karena progres pengiriman sebanyak tiga trainset rangkaian kereta LRT ke Palembang sesuai dengan rencana sebelumnya.

“Kami berinisiatif penyelesaian (LRT) lebih cepat, jadi bukan pertengahan Juli, tapi awal Juli. Sekarang trainset datang akan dilakukan tes statis dan dinamis di Depo Jakabaring,” kata Budi Karya saat menghadiri penerimaan trainset LRT di Palembang, Jumat (20/4/2018).

Baca juga: Lima Stasiun Sentral LRT Beroperasi Saat Asian Games 2018

Budi melanjutkan, setelah tes dinamis dan statistik dilakukan, Dirjen PT KAI akan melakukan uji coba secara riil sebelum jadwal pengoperasian pada Agustus 2018.

“Kami persiapkan LRT ini lebih baik dan bisa melayani masyarakat, begitu juga dengan keamanan dan kenyamanan. Tarif juga nanti jelas terjangkau untuk masyarakat,” ujarnya.

Selain sebagai salah satu alat transportasi baru, Budi juga mengungkapkan bahwa LRT di Palembang merupakan salah satu haya hidup kebutuhan masyarakat.

“Jadi, kalau enggak naik kereta rasanya enggak enak. Palembang menjadi kota contoh untuk daerah lain. Ini LRT pertama di Indonesia dan hanya ada di sini,” ucap dia.

Kompas TV Setelah menerapkan moratorium atau penghentian sementara pemerintah kembali melanjutkan pembangunan proyek infrastruktur strategis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com