Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Atlet 17 Tahun Terpaksa Absen UNBK demi Persiapan Asian Games

Kompas.com - 19/04/2018, 07:30 WIB
Farida Farhan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Mutiara Amanda (17) terpaksa izin tidak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari ketiga, Rabu (11/4/2018), lantaran harus mengikuti pemanasan Asian Games 2018.

Siswa kelas 12 IPA 3 ini akan mengikuti ujian susulan mata pelajaran Bahasa Inggris minggu depan di Bandung.

Mutiara merupakan atlet Sambo kelas min 68 kilogram putri termuda yang masuk dalam tim inti pada Asian Games 2018.

Meski masih berstatus pelajar, Mutiara sudah mencicipi berbagai macam gelar kejuaraan mulai dari tingkat daerah sampai internasional.

(Baca juga: Pelajar SMP dan Pacarnya Batal Menikah Pekan Ini Gara-gara Camat)

Terakhir, dia meraih perunggu setelah sukses menjungkalkan lawan-lawannya dari berbagai belahan dunia yang diadakan di Turkmenistan, Turkey.

Mutiara kembali ditunjuk mewakili Indonesia sebagai salah satu peserta Asean Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

Ditemui di sekolahnya, SMA Negeri 5 Karawang, Rabu (18/4/2018), Mutiara mengaku siap menyambut gelaran empat tahunan itu. Dia menganggap Asian Games sebagai salah satu ajang besar dan membanggakan.

Dia pun telah melakukan berbagai macam persiapan, salah satunya mengikuti pemanasan di Jakarta, meski jadwal bersamaan dengan pelaksanaan UNBK.

"Ya memang itu sudah risiko saya. Hadapi saja dengan santai. Nanti kan ada ujian susulan. Latihan jalan ujian juga bisa diselesaikan," ujar Mutiara.

(Baca juga: Senyum Geli Jokowi Saat Gendong Anak Balita Bernama Jokowi di Asmat)

Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan membenarkan, ketidakhadiran Mutiara pada saat pelaksanaan UNBK hari ketiga memang karena mengikuti pemanasan Asian Games di Jakarta. Kementrian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) bahkan membuatkan surat izin khusus bagi Mutiara.

"Surat dari Kemenpora juga sudah saya berikan kepada Ketua MKKS sebagai pemberitahuan. Mungkin surat itu dibuat karena kegiatanya bentrok dengan pelaksanaan UNBK." kata Agus.

Agus melanjutkan, sesuai prosedur yang ada dalam peraturan pelaksanaan UNBK soal siswa yang absen mengikuti ujian, maka akan diberlakukan ujian susulan.

Berdasarkan informasi dari Ketua MKKS SMA se-Karawang, kata Agus, hanya ada tiga siswa yang tidak ikut UNBK. Salah satunya Mutiara.

"Sesuai prosedur, karena jumlah siswa sedikit, maka ujian susulan akan diadakan di Bandung. Khusus untuk Mutiara, pembiayaan ke Bandung ditanggung oleh pihak sekolah," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com