Polisi Segel Kantor Abu Tours di Pekanbaru - Kompas.com

Polisi Segel Kantor Abu Tours di Pekanbaru

Kompas.com - 17/04/2018, 22:56 WIB
Rumah Milik CEO Abu Tours di kompleks The Lagoosi Maros Blok A9 disita Ditkrimsus Polda Sulsel, Kamis (12/4/2018)KOMPAS.com/Chermanto Tjaombah Rumah Milik CEO Abu Tours di kompleks The Lagoosi Maros Blok A9 disita Ditkrimsus Polda Sulsel, Kamis (12/4/2018)

PEKANBARU, KOMPAS.com - Polda Riau menyegel kantor Abu Tour di Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau terkait kasus penipuan dan penggelapan dana calon jemaah umrah, Selasa (17/4/2018).

Petugas dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) yang memasang garis polisi (police line) di depan kantor berlantai tiga yang cukup megah itu, sempat menjadi perhatian masyarakat setempat.

Kasubdit II Dit Reskrimsus Polda Riau, AKBP Jhon Ginting mengatakan, pihaknya baru memasang garis polisi, belum melakukan penggeledahan.

"Penggeledahan serta penyitaan aset akan dilakukan setelah koordinasi dengan Polda Sulsel. Karena kasus ini Polda Sulsel yang menanganinya," kata Jhon, Selasa. 

(Baca juga : Jadi Korban Penipuan Abu Tours, Nenek 70 Tahun Alami Depresi )

Dia mengatakan, penyegelan kantor Abu Tour dilakukan setelah pihaknya memeriksa 13 orang saksi dan korban. "Seluruh berkas keterangan para saksi dan korban akan kita kirim ke Polda Sulsel," ujar Jhon.

Ia memperkirakan, jumlah jemaah Abu Tour yang gagal diberangkatkan sebanyak 131 orang. Kantor Abu Tour sendiri sudah tidak beroperasi sejak Februari 2018. Sejumlah jemaah yang terakhir diberangkatkan berlangsung Desember 2017. 

Sebelumnya, pemilik Abu Tour berinisial HM ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang jemaah umrah.

Total jemaah yang menjadi korban mencapai 86.729 orang di Indonesia. Akibat perbuatan tersangka, total kerugian para korban mencapai Rp 1,8 triliun.


Terkini Lainnya

Close Ads X