Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pengerjaan Bandara Kertajati Cepat Sekali, Ini Kita Senang

Kompas.com - 17/04/2018, 18:44 WIB
Reni Susanti

Editor

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Selasa (17/4/2018). Dalam kunjungannya, ia mengaku senang BIJB dibangun cepat.

Selain itu, BIJB bisa menghimpun biaya yang tidak bergantung pada uang negara sepenuhnya. PT BIJB sendiri dalam mendanai pembangunan bandara internasional menyedot sekitar Rp 2,6 triliun dengan menggunakan skema Kemitraan Pemerintah Swasta (KPS).

"‎Yang paling penting. Ini anggaran sudah‎ tidak sedikit untuk konstruksi, dan pembebasan lahan. Ini kerja sama Pemerintah Provinsi Jabar, swasta, pusat dan pengerjaannya cepat sekali ini kita senang," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Kerja sama ini sebuah model bisnis yang mempercepat, pembiayaan, infrasuktur bisa cepat selesai. Ini setelah selesai (BIJB) skema-skema baru selalu jadi contoh ditempat lain," tandasnya.

(Baca juga : Jokowi: Insya Allah 24 Mei Bandara Kertajati Dicoba)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, bahwa kehadirannya bersama presiden ingin melihat kesiapan bandara. Selain bandara, Budi juga ingin melihat aksebilitas seperti jalan dan penunjang lainnya seperti hotel untuk menghadapi terselenggaranya haji.

"Kita ingin memastikan apakah aksebilitas (jalan) hotel daripada Majalengka sudah bisa berfungsi baik untuk beroperasinya bandara Kertajati dan terselenggaranya haji ini," ungkapnya.

"Saya melihat fisik di sini milik bandara sudah selesai, aksebilitas dan fasilitas lainnya seperti hotel juga," tandasnya.

Virda Dimas Ekaputra menambahkan, pembangunan bandara ini direncanakan selesai pada Mei ini atau sebelum uji coba penerbangan dilakukan 24 Mei 2018. Dari tiga paket pembangunan untuk sisi darat, seluruhnya sudah hampir menyentuh angka 100 persen.

Adapun untuk sisi udara seperti runway, ATC dan taxi way itu sudah selesai dan siap digunakan untuk pendaratan pesawat seperti Boeing 737.

"Ini sudah 93 persen. Dan Mei ini pembangunan Insya Allah sudah selesai," singkat Virda.

(Baca juga : Jokowi Bertolak ke Majalengka Tinjau Bandara Kertajati)

Dalam lawatan ke Bandara Kertajati tersebut, Presiden Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Kemudian Direktur PT Angkasa Pura II Awaludin, dan Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra. Jokowi saat melihat langsung area bandara dipandu Virda Dimas Ekaputra.

Jokowi dan rombongan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia 1. Setelah kunjungan ke Kertajati pesawat jenis heli yang terbang dari apron langsung bertolak ke Bandara Husein Sastranegara.

Kompas TV Ditengah kritik infrastruktur yang diberikan oleh pemerintah, salah satunya proyek Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com