Hasanudin Siap Jadikan Desa Sangiang di Majalengka Jadi Destinasi Wisata - Kompas.com

Hasanudin Siap Jadikan Desa Sangiang di Majalengka Jadi Destinasi Wisata

Kompas.com - 17/04/2018, 11:39 WIB
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanudin (tengah).KOMPAS.com/ Dokumentasi Tim Sukses Hasanah Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanudin (tengah).

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanudin atau akrab disapa Kang Hasan, melihat Desa Sangiang di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memiliki potensi wisata yang harus dikembangkan.

Menurut dia, Desa Sangiang mempunya paket yang lengkap untuk bisa dijadikan destinasi wisata unggulan di Majalengka, mulai dari destinasi alam, wisata religi, hingga atraksi budayanya.

"Ini pasti akan saya kembangkan. Saya hafal sekali pemetaannya karena di sini adalah tempat masa kecil saya. Wisatanya akan kita bagi, wisata umum, wisata religi, wisata lintas alam, ini akan terus saya kembangkan ke depannya," kata Hasan dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (16/4/2018).

Ide itu muncul saat Hasanudin berkunjung ke kawasan Situ Sangiang, Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Senin.

Kang Hasan memaparkan, terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi untuk menunjang pengembangan destinasi wisata di Desa Sangiang, yakni lokasi yang harus terus dipercantik, infrastruktur jalan yang memadai, serta keamanan yang terjamin.

Baca juga : Hasanudin: Dari Data Intelijen, Berita Hoaks Bukan dari Jawa Barat

Jika tiga hal tersebut terpenuhi, lanjut Hasan, maka Desa Sangiang akan menjadi destinasi wisata tingkat nasional hingga internasional. Terlebih lagi, tidak jauh dari lokasi tersebut akan dibangun Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka.

"Ini perlu dikelola dengan baik, dan perlu pemimpin yang komitmen dan cinta pada daerahnya," tandasnya.

Desa Sangiang di Kabupaten Majalengka memang memiliki potensi wisata yang cukup besar untuk dikembangkan.

Sebab, selain indah, desa ini memang dikenal dengan masyarakat yang masih kental akan budayanya.

Baca juga : Hasanudin Janji Selesaikan Masalah Warga Terdampak Waduk Jatigede

Selain memiliki cagar alam Situ Sangiang, desa tersebut juga mempunyai perayaan budaya untuk mensyukuri hasil bumi yang didapat masyarakat. Perayaan itu disebut juga sebagai pesta Rakyat Sangiang.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X