Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PCNU Cianjur: Kami Netral di Pilkada Jawa Barat

Kompas.com - 16/04/2018, 16:09 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cianjur menyatakan netral di Pilkada Jawa Barat.

Pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas informasi yang beredar jika PCNU Cianjur telah menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018.

“Sejak awal, PCNU Cianjur telah bersepakat untuk menjaga netralitas lembaga terkait Pilgub Jabar 2018. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan PBNU sekaligus arahan dari jajaran Suriah PCNU Cianjur,” kata ketua PCNU Cianjur Choirul Anam, Senin (16/5/2018).

Meski demikian, Choirul Anam mewajarkan jika upaya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Jawa Barat untuk menjaring suara adalah hak konstitusional dan dibenarkan sepanjang masa kampanye.

(Baca juga : Ketua NU Cianjur Dukung Pasangan Hasanah)

Termasuk, paslon diperbolehkan melakukan kunjungan dan atau kampanye kepada tokoh-tokoh agama termasuk ketua ormas Islam dan pimpinan pesantren.

“Dalam hal mereka melakukan kunjungan, PCNU Cianjur telah bersepakat bahwa mereka harus diterima karena berstatus sebagai tamu. Tetapi penjamuan mereka sebagai tamu tidak boleh dilakukan di kantor PCNU. Hal tersebut untuk meminimalisir risiko framing berita terkait netralitas PCNU,” tuturnya.

Choirul Anam menambahkan, paslon yang mengadakan kunjungan ke ketua PCNU Cianjur bukan hanya pasangan Hasanah, tapi semua paslon. 

Dimulai dari Ahmad Syaikhu yang berkunjung Februari 2018. Lalu Uu Ruzhanul Ulum pada 22 Maret 2018, kemudian Deddy Mizwar 11 April 2018, dan terakhir Tubagus Hasanudin pada Jumat, 13 April 2018.

(Baca juga : Pasangan Hasanah Targetkan Raih 11,2 Juta Suara Perempuan di Jabar )

Dalam dialog dan diskusi dengan seluruh pasangan calon gubernur atau wakil gubernur yang menyambanginya, Choirul Anam mengaku selalu mengapresiasi semua program yang ditawarkan pasangan calon.

“Apresiasi dan doa itu diberikan kepada semua pasangan calon dan tidak menunjukkan dukungan politik secara spesifik terhadap paslon tertentu," ungkapnya.

PCNU Cianjur, lanjut Choirul Anam, akan menjamin kebebasan semua anggota, pengurus, dan kader NU untuk menggunakan hak politik sesuai dengan pilihan masing-masing di Pilkada Jawa Barat 2018.

“Kepada seluruh paslon dan tim suksesnya, berpolitiklah secara jujur dan berintegritas dan tidak mempolitiasi sesuatu yang tidak semestinya,” tandasnya. 

Kompas TV Salah satu topik yang dipaparkan kandidat dalam debat adalah soal pemberantasan korupsi di Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com