"Saya Kira Seorang Jenderal Tidak Mau Turun ke Tengah Sawah..." - Kompas.com

"Saya Kira Seorang Jenderal Tidak Mau Turun ke Tengah Sawah..."

Kompas.com - 16/04/2018, 09:43 WIB
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan menemui para petani di Indramayu dan ikut serta memanen padi (ngarit) di sawah bersama para petani.KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan menemui para petani di Indramayu dan ikut serta memanen padi (ngarit) di sawah bersama para petani.

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan menemui para petani di Indramayu. Tanpa segan, Hasan pun ikut serta memanen padi (ngarit) di sawah bersama para petani.

Hal tersebut ia lakukan pada kegiatan Syukuran Panen Rendengan di Desa Tugu, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/4/2018) kemarin.

Aksi Hasan mengundang decak kagum para petani. Seperti yang diungkapkan salah satu Ketua Kelompok Tani Sliyeg, Ratno. Ia menyebut Kang Hasan merakyat dan peduli terhadap nasib petani.

Kedatangan Kang Hasan pun dimanfaatkan oleh para petani untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan perihal kesejahteraan mereka.

"Kami kira seorang jenderal tidak mau turun. Ternyata beliau langsung turun menyambangi petani ke tengah sawah pula. Kami kelompok tani bangga mempunyai calon pemimpin seperti Kang Hasan yang dekat dengan para petani," kata Ratno, Minggu sore.

Ratno menambahkan, para petani juga siap mengawal program Kang Hasan terkait ketahanan pangan melalui program Jabar Seubeuh yang akan digulirkan bersama pasangannya, calon wakil gubernur Jawa Barat Anton Charliyan.

Baca juga : Hasanudin: Dari Data Intelijen, Berita Hoaks Bukan dari Jawa Barat

Ratno berharap program Jabar Sebeuh dapat menjadi solusi bagi setiap permasalahan petani di Jawa Barat. Dia juga optimistis program tersebut mampu memakmurkan para petani di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Indramayu.

"Program beliau tentang menjaga ketahanan pangan di Jawa Barat, akan kami dukung beserta program lainnya yang memang dekat dengan rakyat," pungkasnya.

Sementara itu, Hasan menyampaikan komitmennya terkait kepedulian terhadap petani dengan menjaga ketahanan pangan di Jawa Barat. Melalui program Jabar Seubeuh, kata dia, pemerintah akan menyubsidi para petani mulai dari pupuk, bibit, sarana pertanian, hingga irigasi demi memenuhi kebutuhan perairan lahan tani di Jawa Barat.

"Soal irigasi ini seperti kita ketahui Pak Presiden Jokowi telah mewujudkan waduk Jatigede. Ini tentu saja bisa mengairi persawahan di Majalengka, Cirebon dan Indramayu," ucapnya.

Kang Hasan menegaskan, jika nantinya terpilih menjadi pemimpin di Jawa Barat, dia akan bersinergi dengan program Jokowi dan pemerintah pusat dalam pembangunan irigasi dan pengairan di Jawa Barat.

Selain itu, dengan program Jabar Seubeuh akan memberikan solusi bagi kestabilan harga pangan yang berkeadilan baik bagi petani maupun konsumen dengan cara memangkas para spekulator.

"Pemerintah harus mengatur bagaimana caranya harga beras terjangkau oleh seluruh masyarakat tanpa harus merugikan petani," tuturnya.

Baca juga : Hasanudin Janji Selesaikan Masalah Warga Terdampak Waduk Jatigede

Melalui Jabar Sebeuh, kata Kang Hasan, hak para petani akan terlindungi serta produktivitas para petani Jawa Barat terus meningkat. Sehingga ke depan, hasil produksi tani mampu memenuhi kebutuhan pangan untuk seluruh rakyat Jawa Barat dan memakmurkan para petaninya.

"Kami perhatikan setiap aspek kebutuhan petani, mulai dari bibitnya, perairannya, hingga pupuknya. Jika itu dilakukan, Insya Allah hasil panennya melimpah, dan petani bisa menikmati panennya," tandasnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X