Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Mess PT Korindo Pangkalan Bun Terbakar

Kompas.com - 14/04/2018, 20:55 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Nugroho Budi Baskoro,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Menjelang tengah hari Sabtu (14/4/2018), tiga mess karyawan PT Korindo Ariabima Sari yang berada di pusat kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah terbakar. Sejumlah rumah warga sekitar perusahaan kayu lapis itu pun turut terbakar.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran ini. Warga sekitar melihat api sudah membesar, melalap mess Blok E, H, dan G milik perusahaan yang beralamat di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Bun itu sekitar pukul 11.00 WIB.

Akibat kejadian yang tiba-tiba itu, sejumlah karyawan Korindo pun panik untuk menyelamatkan barang-barangnya. Demikian juga masyarakat di sekitar perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 4 dekade itu.

"Waktu saya lihat, api sudah besar menghabiskan satu blok," kata Andreansyah (30), warga sekitar perusahaan itu.

Baca juga : Kisah Petugas Pemadam Ikut Evakuasi Istrinya yang Tewas Saat Rumah Kebakaran

Kepala Satuan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat, Majerum mengatakan, kebakaran terjadi mulai pukul 10.50 WIB. Satuan Pemadam Kebakaran Kotawaringin Barat menurunkan 8 unit mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran ini.

"Api sudah bisa kendalikan pada pukul 13.00 WIB, dan lanjut pendinginan lokasi sampai pukul 14.00 WIB," kata Majerum, Sabtu (14/4/2018) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, belum bisa dipastikan jumlah kerugian materialnya. Diperkirakan, lebih seratus orang terdampak langsung akibat kebakaran ini.

Menurut warga, masing-masing messs berbahan kayu yang terbakar itu, terdiri dari 20 pintu. Sedangkan Majerum mengatakan, satu mess dua lantai itu terdiri dari 40 pintu.

Sementara dari pemukiman warga di RT 11 Kelurahan Mendawai yang ludes terbakar tercatat 6 rumah. Tiga rumah warga lainnya juga rusak parah, sebelum akhirnya api bisa dijinakkan.

Kompas TV Seorang anak balita di Probolinggo, Jawa Timur yang diduga menjadi korban bakar diri yang dilakukan ibunya meninggal dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com