Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[FAKTA] Viral, Video Buaya Peliharaan Sepanjang 3,5 Meter Lepas di Sungai

Kompas.com - 10/04/2018, 20:22 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Video lepasnya buaya muara sepanjang 3,5 meter milik warga di Sungai Sasak, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, viral di media sosial, Selasa (10/4/2018).

Kejadian di video tersebut benar terjadi atau fakta. 


Informasi yang beredar

Lepasnya buaya muara itu menjadi topik pembicaraan hangat di beberapa akun grup wilayah Solo Raya. Salah satunya di grup Info Cegatan Solo dan sekitarnya.

Akun Pratama Rizky, Didik Kustomo, mengunggah beberapa foto penangkapan buaya jantan bernama Bejo di wilayah Jogobondo, Mojolaban, Sukoharjo. Ada yang menyebutkan panjangnya mencapai 5 meter hingga 6 meter.

Di Youtube, video tersebut diunggah oleh beberapa akun, salah satunya akun Elieva Yasmine, seperti di bawah ini, dengan judul "Buaya milik Warga Palur lepas dari Kandang bikin heboh":


Setelah diunggah di medsos, banyak warganet berkomentar. Ada yang menanyakan pemiliknya hingga kaget ada buaya sebesar itu bisa lepas di sungai.


Penelusuran dan verifikasi

Kepala Resort Konservasi BKSDA Wilayah Surakarta Slamet Sukeri membenarkan kejadian buaya milik warga lepas di Sungai Sasak, Mojolaban. Namun, buaya itu sudah diamankan tim SAR gabungan, Selasa sore.

"Setelah mendapatkan laporan, kami bersama anggota polsek dan tim SAR dibantu masyarakat berupaya menangkap buaya tersebut. Buaya itu berhasil ditangkap sekitar 16.30 WIB," ujar Slamet saat dikonfirmasi, Selasa.

Slamet mengatakan, buaya itu baru diketahui keberadaanya saat warga setempat memancing ikan di Sungai Sasak. Mengetahui hal itu, warga melapor ke aparat setempat lantaran keberadaan buaya di sungai meresahkan warga.

Menurut Slamet, buaya berhasil diamankan sekitar 200 meter dari titik awal muncul. Penangkapan buaya itu memakan waktu lantaran berada di alam liar.

"Kondisi sungainya cukup dalam dan banyak air," tutur Slamet.

Setelah ditangkap, buaya itu dititipkan di Taman Satwa Jurug Surakarta. Ia memastikan panjang buaya hanya 3,5 meter.

"Di lapangan beredar informasi panjangnya 6 meter. Setelah dilakukan pengecakan dokter hewan Jurug, panjang sekitar 3,5 meter lebar 60 cm dan berjenis kelamin jantan," ujar Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com