Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Bupati Banyumas Kampanye Bagi-bagi Kopi Lokal

Kompas.com - 08/04/2018, 21:10 WIB
Iqbal Fahmi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Cara unik dilakukan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyumas, Jawa Tengah Acham Husein-Sadewo Tri Lastiono saat berkampanye, Minggu (8/4/2018).

Dengan mengendarai food truck, pasangan nomor urut dua tersebut menyergap masyarakat dan membagi-bagikan kopi gratis kepada pengunjung car free day di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto.

Kopi yang dibagikan asli produksi petani Banyumas, enak dan harum, salah satunya dari Dusun Peninis, Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng. Jadi, selain kampanye, kami sekalian mempromosikan kopi lokal,” katanya.

Baca juga : Belajar Seluk-beluk Biji Kopi dalam Spilling the Beans

Selain kopi lokal Banyumas, pasangan Husein-Sadewo juga memromosikan gula kelapa kristal yang merupakan salah satu produk unggulan kabupaten itu.

“Banyumas itu terkenal dengan gula jawanya (gula kelapa). Nah, masyarakat juga banyak yang belum tahu inovasi petani gula jawa, jadi kami juga bawa gula kristal atau gula semut,” ujarnya.

Husein mengungkapkan, baik kopi lokal maupun gula kristal yang legit itu memiliki potensi yang sangat besar. Bahkan, saat ini pihaknya mendata, gula kristal telah diekspor ke sejumlah baik di Asia maupun Eropa.

“Bule saja senang dengan gula kristal, kenapa orang kita tidak senang dengan gula kristal. Harapannya, dengan promosi ini, masyarakat mengenal produk lokal sekaligus mendukung perkembangannya,” tuturnya.

Baca juga : Berawal dari Sakit Beser, Hariadi Berhasil Ubah Kulit Manggis Jadi Ekstrak Kopi

Menurut calon bupati petahana itu, gula kelapa jauh lebih sehat dari gula pasir. Sehingga dia turut serta mengajak masyarakat untuk perlahan mengganti konsumsi gula pasir menjadi gula kristal.

“Kami juga sosialisasikan kopi 'mix', campuran kopi lokal dan gula kristal lokal, pokoknya semua serba lokal,” katanya.

Husein menuturkan, food truck yang diberi nama Mobil Kopi Hude ini akan beroperasi dua kali dalam sepekan. Mobil Kopi Hude akan berkeliling ke desa-desa, daerah pinggiran, dan pasar-pasar untuk memromosikan kopi ‘mix’ itu.

Seperti diketahui, Pilkada Banyumas yang rencana digelar tanggal 27 Juni 2018 mendatang ini akan diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Pasangan nomor urut 1 yakni pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto, serta pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono dengan nomor urut 2.

Pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto diusung Partai Golongan Karya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sedangkan pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat.

Kompas TV Di Purbalingga, Jawa Tengah, 2 orang nenek sangat antusias membantu pelaksanaan TMMD Wilayah Korem 071 Wijaya Kusuma Banyumas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com