Dilaporkan Hilang di Laut, Dua Nelayan Asal Kupang Ditemukan Selamat di Flores

Kompas.com - 04/04/2018, 09:49 WIB
Ilustrasi nelayan KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOIlustrasi nelayan


KUPANG, KOMPAS.com - Tim SAR Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil mengevakuasi dua orang nelayan asal Kupang yang terdampar di perairan Flores.

Dua orang nelayan yang bernama Roki (30) dan Ai (25) itu sempat dilaporkan hilang sejak Senin (2/4/2018), saat mencari ikan dengan menggunakan sampan di Laut Sawu.

Kepala SAR Kupang Abraham Benyamin Kolimon mengatakan, dua nelayan itu hilang setelah perahu yang mereka tumpangi diterjang gelombang tinggi.

"Awalnya kami dapat laporan dari seorang nelayan yang bernama Yonathan Belleh pada Selasa (3/4/2018) sekitar pukul 06.30 Wita, bahwa ada dua nelayan yang hilang," kata Benyamin kepada Kompas.com, Rabu (4/4/2018) pagi.

Kedua nelayan itu hilang di Laut Sawu atau sekitar 67 NM arah utara dari Pelabuhan Navigasi Kupang.

Baca juga: Dilarang Melaut, Nelayan Trawl Bengkulu Diberi Jatah Hidup

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, lanjut Benyamin, tim SAR diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah pada pukul 07.00 Wita dengan menggunakan KN SAR Antareja 233 untuk melakukan pencarian.

Menurut Benyamin, penyisiran dilakukan selama 13 jam di empat titik koordinat berbeda yang diduga tempat terdamparnya dua nelayan yang hilang itu.

Pada pukul 20.30 Wita, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Bakamla, Kepolisian Ile Bura Flores Timur, Kades Lewoawan, nelayan setempat, dan keluarga korban berhasil menemukan kedua orang korban dalam keadaan selamat di Laut Lewotobi, Kabupaten Flores Timur.

"Kedua nelayan telah diberi perawatan medis dan diserahkan kepada pihak keluarga," tutur Benyamin.

Baca juga: Kapal Dihantam Ombak, Seorang Nelayan Tewas

Kompas TV Penemuan terjadi saat pencarian hari pertama korban nelayan tenggelam yang dilakukan oleh tim gabungan SAR bersama keluarga korban.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X