Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersandung Kasus Kriminal, Dua Siswa SMK Ikuti UNBK dengan Dikawal Polisi

Kompas.com - 04/04/2018, 09:33 WIB
Junaedi,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Dua siswa SMK DDI Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yang tersandung kasus peredaran uang palsu, yaitu ADR (19), warga Tapango; dan FR (19), warga Luyo, diperbolehkan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak Selasa (3/4/2018). 

ADR dan FR ditangkap petugas karena diduga terlibat jaringan peredaran uang palsu di Polewali Mandar. Keduanya diantar jemput ke lokasi UNBK dengan pengawalan dari aparat kepolisian. Selama mengikuti UNBK, kedua pelaku dijaga petugas di depan pintu ruangan ujian. 

Kepala SMK DDI Aladin mengatakan, sepanjang ada izin dari kepolisian dan waktu dari aparat untuk mengantar dan menjemput kedua siswanya tersebut, pihaknya mempersilakan kedua siswanya mengikuti UNBK kaena sudah ada dalam daftar peserta ujian.

Namun, pihak sekolah tidak memaksakan jika kepolisian tidak memiliki waktu untuk menjaga kedua siswa tersebut.

Baca juga: Telanjur Hamil dan Menikah, Dua Siswi di Pangkal Pinang Batal Ikut UNBK

"Karena namanya telah terdaftar sebagai peserta ujian tahun 2018, kedua siswa ini punya hak untuk ujian," kata Aladin.

Menurut Aladin, meski kedua siswanya tersebut ditangkap polisi karena diduga terlibat peredaran uang palsu, pihak sekolah memberikan perlakuan khusus kepada mereka, seperti tidak mengenakan pakaian seragam sekolah ke lokasi ujian.

Soal lulus dan tidak lulus, menurut Aladin, belum ada jaminan mereka bisa 100 persen lulus. Alasannya, guru tidak mempunyai kewenangan karena UNBK ini menggunakan sistem online, semua jawaban langsung ke pusat.

"Kalau mereka lulus, syukur alhamdulillah. Kalau tidak lulus, mau diapakan, karena banyak mata pelajaran yang mereka tidak ikuti," tutur Aladin.

Seusai mengikuti ujian, kedua pelaku kembali dikawal petugas untuk kembali ke sel tahanan di kantor polisi.

Baca juga: Tak Ada Komputer dan Internet, Ratusan Siswa Tempuh UNBK ke Kota Polman

Kompas TV Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari pertama berlangsung lancar, meski beberapa sekolah mengalami kekurangan fasilitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com