Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKI dari Malaysia Bawa "Rice Cooker" Berisi Bawang dan Narkoba

Kompas.com - 27/03/2018, 13:56 WIB
Achmad Faizal,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Penyelundupan narkoba jenis sabu dari Malaysia digagalkan di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Seorang TKI Malaysia membawa hampir sekilo sabu sabu dalam kotak rice cooker yang dicampur bawang putih dan bawang merah.

Sulimah (36), seorang TKI perempuan asal Kabupaten Sampang, Jawa Timur itu diamankan petugas Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jumat (16/3/2018) lalu sekitar pukul 15.15 WIB.

Saat itu, dia baru saja mendarat dari pesawat Air Asia (XT-327) rute Kuala lumpur Malaysia - Surabaya.

"Dalam kotak rice cooker yang dibawa, terdapat sabu-sabu seberat 925 gram yang dibungkus plastik. Narkoba itu disimpan bersama bungkusan bawang merah dan bawang putih," kata Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budiharjanto, Selasa (27/3/2018).

(Baca juga : Selamatkan 114.000 Jiwa, Polres Karimun Musnahkan 19 Kg Sabu )

Kepada petugas, Sulimah hanya mengaku diberi titipan barang oleh rekannya sesama TKI. "Dia mengaku tidak mengetahui jika barang tersebut adalah narkoba," ujarnya.

Empat hari sebelum Sulimah diamankan, petugas keamanan bandara juga menangkap Pauzi (26). Dia membawa 137 gram sabu yang disimpan dalam tubuhnya. Dia turun dari pesawat Air Asia yang terbang Kuala Lumpur, Malaysia.

"Pauzi juga dari Madura, dia berasal dari Kabupaten Pamekasan," jelasnya.

Kedua pembawa penyelundup narkoba itu dijerat pasal 113 ayat 1 dan 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara 15 tahun. 

Kompas TV BNN menyita 30 kilogram narkotika jenis sabu dari 4 bandar narkoba.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com